Lihat ke Halaman Asli

Maulidah Nur Rohmah

Ibu rumah tangga

Makanan Khas Wonogiri yang Terkenal dan Wajib Dicoba

Diperbarui: 23 Juni 2022   22:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foodie. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Menjelajah kabupaten Wonogiri selalu menarik untuk dilakukan, bukan hanya karena wisata alamnya saja. Namun banyak jenis kuliner yang bisa dijumpai. Setidaknya ada beberapa makanan khas Wonogiri yang menarik. 

Wonogiri termasuk salah satu Kabupaten yang ada di jawa tengah dengan berbagai destinasi wisata menarik, kota yang masih termasuk bagian Solo Raya, Apabila anda berkunjung ke Wonogiri alangkah baiknya mencicipi berbagai kuliner berikut ini:

1.Nasi Tiwul

Meskipun dinamakan Nasi, namun tidak ada bahan beras dalam pembuatannya. Bahan utamanya adalah Singkong yang di parut kemudian di jemur dan di masak bisa disajikan dengan gula merah atau pun dimakan sama sayur, layaknya seperti makan nasi putih. 

2.Jangan Lombok Ijo

Kuliner yang wajib anda coba ketika berkunjung ke Wonogiri yaitu jangan lombok ijo, makanan ini mempunyai arti sayur cabai hijau. Rasanya gurih, karena ada bahan santan dalam proses pembuatannya bahan pelengkap nya terdiri dari tempe, petai, dan tahu. Ini juga akan lebih nikmat di santap bersama Nasi Tiwul. 

3.Besengek Tempe 

Tempe merupakan bahan makanan yang banyak ditemui di Nusantara. Harganya yang murah dengan kandungan gizi tinggi menjadi alasan kenapa menu wajib hampir setiap hari. Besengek itu bukan tempe seperti yang biasa kita konsumsi setiap hari melainkan dari bahan petai cina atau tempe kara. 

4.Pecel Gendar

Pecel Gendar ini sebenarnya tidak jauh beda dengan pecel pada umumnya hanya saja ini tidak menggunakan nasi atau lontong melainkan Gendar, Gendar itu terbuat dari nasi beras dan campuran air tebu. 

5.Botok Wonogiri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline