Lihat ke Halaman Asli

Alif Ahmad Abicega

About me : ig_alifahmad

Mengapa Kita Harus Belajar Media?

Diperbarui: 3 November 2024   00:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Gambar: Spiritsumbar 

Media diartikan sebagai   alat   atau   instrumen   komunikasi   yang    memungkinkan   seseorang   untuk   merekam   serta   mengirim   informasi   dan    pengalaman-pengalaman  dengan  cepat  kepada  khalayak  yang  luas,  terpencar- pencar    dan    heterogen (Achmad AS, 2002). 

Media   dipengaruhi   oleh   berbagai   segmen,   di   antaranya   adalah    pertimbangan  bisnis,  pengaruh  pemerintah  dengan  orientasi  masalah  politik,   pengaruh  undang-undang  yang  berlaku,  pengaruh  kecenderungan  khalayak  dan   pengaruh   pemilik   serta   professional   media. 

 Media   selain   menyampaikan    informasi juga menampilkan  hiburan,  kesan-kesan  dan  juga  simbol  berdasarkan  orientasi  media yang bervariasi. Namun, pada prinsipnya  media  diperuntukkan  bagi  khalayak  massa  yang   tersebar, besar dan luas (Melly  G  Tan, 1997).

Elemen media dan pentingnya media massa

Media merupakan komunikasi massa berorientasi berdasarkan isi media konfigurasi teknologi (televisi, radio, internet, majalah, buku dst) sedangkan sistem media menyangkut formal dan non formal (sistem publikasi, kantor pusat) dioperasikan berdasarkan kententuan hukum dan kesepakatan para professional dengan khalayak, praktisi, diterbitkan oleh kelompok terdiri dari pemilik modal, redaktur, distributor, dan periklanan. 

Dalam hal komunikasi massa mempunyai fungsi. Sebab, media massa sebagai alat penyampai pesan kepada khalayak dan atas pesan yang disampaikanya dipastikan akan memiliki dampak untuk masyarakat.

 Mengingat isi pesan dalam komunikasi massa tentu memiliki tujuan sehingga dapat memengaruhi perasaan, sikap, opini, atau perilaku khalayak. Dari hal tersebut, peran media sangat mempengaruhi efektivitas atau keberhasilan suatu komunikasi. 

Selanjutnya, media sebagai penunjang dalam suksesnya pembangunan, media menjadi sarana menyampaikan pesan -- pesan pembangunan kepada masyarakat, serta media juga berkaitan dengan ekonomi yang mana produk atau konten yang disajikan media saat ini mengarah pada nilai komersial.

SUMBER REFERENSI

AS,  Achmad. Media  Massa  dan  Khalayak. Makassar:  Hasanuddin  University  Press, 2002. Lull, James. Media, Komunikasi, Kebudayaan: Suatu Pendekatan Global. Terj. Setiawan Abadi. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 1998.

Hendra. T (2019) Media Massa dalam Komunikasi Pembangunan. Jurnal At Taghyir: Jurnal Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Desa, 1(2), 136-152.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline