Media diartikan sebagai alat atau instrumen komunikasi yang memungkinkan seseorang untuk merekam serta mengirim informasi dan pengalaman-pengalaman dengan cepat kepada khalayak yang luas, terpencar- pencar dan heterogen (Achmad AS, 2002).
Media dipengaruhi oleh berbagai segmen, di antaranya adalah pertimbangan bisnis, pengaruh pemerintah dengan orientasi masalah politik, pengaruh undang-undang yang berlaku, pengaruh kecenderungan khalayak dan pengaruh pemilik serta professional media.
Media selain menyampaikan informasi juga menampilkan hiburan, kesan-kesan dan juga simbol berdasarkan orientasi media yang bervariasi. Namun, pada prinsipnya media diperuntukkan bagi khalayak massa yang tersebar, besar dan luas (Melly G Tan, 1997).
Elemen media dan pentingnya media massa
Media merupakan komunikasi massa berorientasi berdasarkan isi media konfigurasi teknologi (televisi, radio, internet, majalah, buku dst) sedangkan sistem media menyangkut formal dan non formal (sistem publikasi, kantor pusat) dioperasikan berdasarkan kententuan hukum dan kesepakatan para professional dengan khalayak, praktisi, diterbitkan oleh kelompok terdiri dari pemilik modal, redaktur, distributor, dan periklanan.
Dalam hal komunikasi massa mempunyai fungsi. Sebab, media massa sebagai alat penyampai pesan kepada khalayak dan atas pesan yang disampaikanya dipastikan akan memiliki dampak untuk masyarakat.
Mengingat isi pesan dalam komunikasi massa tentu memiliki tujuan sehingga dapat memengaruhi perasaan, sikap, opini, atau perilaku khalayak. Dari hal tersebut, peran media sangat mempengaruhi efektivitas atau keberhasilan suatu komunikasi.
Selanjutnya, media sebagai penunjang dalam suksesnya pembangunan, media menjadi sarana menyampaikan pesan -- pesan pembangunan kepada masyarakat, serta media juga berkaitan dengan ekonomi yang mana produk atau konten yang disajikan media saat ini mengarah pada nilai komersial.
SUMBER REFERENSI
AS, Achmad. Media Massa dan Khalayak. Makassar: Hasanuddin University Press, 2002. Lull, James. Media, Komunikasi, Kebudayaan: Suatu Pendekatan Global. Terj. Setiawan Abadi. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 1998.
Hendra. T (2019) Media Massa dalam Komunikasi Pembangunan. Jurnal At Taghyir: Jurnal Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Desa, 1(2), 136-152.