Lihat ke Halaman Asli

Sistem dan Kurikulum Manajemen Pendidikan Islam

Diperbarui: 12 Mei 2022   17:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Definisi Manajemen Pendidikan Islam.

Taukah anda apaitu Mananjemen Pendidikan Islam?

Manaejemen memiliki arti yang cukup beragam karena dilihat dari sudut pandang, keyakinan, serta pemahanan yang dimiliki oleh orang-orang yang berbeda latarbelakangnya. .Dalam pemahaman yang saya miliki Manajemen merupakan suatu organisasi yang memiliki suatu tujuan yang jelas yang dimana cara untuk mewujudkannya dengan cara bekerjasama dengan orang lain yang memiliki tujuan yang sama pula, serta harus adanya bimbingan dan pengawasan agar tercapainya suatu tujuan tersebut.

Sedangkan, Pendidikan Islam merupakan upaya yang dilakukan oleh pendidik secara sistematis dalam pengembangan potensi seseorang dengan menginternalisasi nilai-nilai pendidikan Islam sebagai bekal dalam mengarungi kehidupan di dunia dan akhirat dengan tujuan agar terciptanya individu-individu yang sholeh, sholihah serta lingkungan sosial dengan masyarakat madani.

1. Sistem Manajemen.

Para manajer di suatu organisasi entah itu organisasi bisnis maupun Pendidikan dalam menerapkan suatu sistem manajemen tergantung pada karakter atau kepribadian seseorang manajer itu sendiri serta situasi dan kondisi organisasi yang sedang dipimpinnya. Berikut beberapa sistem manajemen :

  • Manajemen Bapak atau Paternalistic Management.

Sistem manajemen ini merupakan sistem yang disetiap usaha san aktivitas pekerjaan yang dilakukan oleh para karyawanatau bawahan dalam suatu organisasi selalu mengikuti perintah pemimpin atau atasan.

  • Manajemen Tertutup atau Closed Management.

Pada sistem manajemen ini para manajer atau pemimpin tidak memperitahukan atau menginformasikan keadaaan perusahaan kedapa para karyawan atau bawahan. Meskipun dalam Batasan tertentu. Yang intinya seorang manajer dalam proses mengambil suatu keputusan tidak melibatkan para bawahan.

  • Manajemen Terbuka atau Open Management.

Dalam system manajemen ini kebalikan dari manajemen tertutup. Yang dimana seorang pemimpin selalu melibatkan bawahannya dalam proses pengambilan setiap keputusan yang ia ambil.

  • Manajemen Demokrasi atau Democtaric Management.

Dan terakhir ada manajemen demokrasi, pada sistem ini hampir sama dengan manajemen terbuka khususnya dalam proses pengambilan keputusan. Hanya saja yang membedakan yaitu manajemen demokrasi hanya dapat diterapkan pada suatu organisasi, jika setiap anggota atau karyawannya memiliki hak suara yang sama serta setiap anggota ikut manerapka keputusan bersama. Sedangkan manajemen terbuka dapat dilakukan  dalam organisasi dan keputusannya hanya di terapkan oleh manajer atau pemimpin itu sendiri.

2. Korelasi Sistem Pendidikan Islam dengan Sistem Pendidikan Nasional.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline