Lihat ke Halaman Asli

Alifah Lubis

Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Manfaatkan Perangkat Digital, Mahasiswa KKN Reguler UM Tahun 2024 Adakan Sosialisasi dan Pendampingan Pemasaran Digital di Desa Depok Bendungan

Diperbarui: 2 April 2024   10:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Jum'at 08/05/2024. Mahasiswa KKN Reguler UM Semester Genap Tahun 2024 yang dikirimkan ke Desa Depok Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek telah mengadakan acara yang bertajuk "Sosialisasi Re-branding dan Pemasaran Digital bagi Pelaku UMKM dan BUMDes". Acara ini turut dihadiri oleh Kepala Desa beserta beberapa perangkat desa, para pelaku UMKM di Desa Depok, dan juga beberapa pengelola BUMDes Depok. Antusiasme dari peserta semakin memeriahkan acara tersebut.

Acara tersebut diadakan untuk menjawab permasalahan yang selama ini dihadapi oleh pelaku UMKM dan BUMDes setempat. Salah satu permasalahan tersebut adalh kurang dikenalnya produk-produk UMKM oleh masyarakat yang lebih luas. Alasannya adalah strategi pemasaran yang dilakukan masih menggunakan cara yang lama. Seharusnya, di era yang serba digital ini, pelaku bisnis dapat memanfaatkannya untuk mengenalkan dan memasarkan produknya ke konsumen yang lebih luas. Selain itu, kurang menariknya beberapa desain produk UMKM juga menjadi salah satu penyebab konsumen kurang mengenal produk-produk tersebut. Ditambah lagi dengan lokasi Desa yang jauh dari pusat perkotaan, membuat orang enggan untuk datang hanya untuk membeli makanan ringan.

Acara sosialisasi ini dibuka dengan pemaparan strategi pemasaran digital melalui marketplace online. Pada sesi ini peserta diajak untuk mengenal cara-cara memasarkan produk secara digital dan apa saja benefitnya. Setelah itu acara dilanjutkan dengan pemaparan tutorial Re-branding logo dan desain kemasan produk agar lebih menarik. Sesi ini peserta diajak untuk mempraktekkan cara untuk mendesain logo dan kemasan produk dengan benar agar mampu menarik konsumen. Selain itu, desain yang menarik juga mampu membuat produk bersaing di marketplace online.

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Sumber: Dokumentasi pribadi

Acara tersebut mendapatkan apresiasi yang positif baik dari kepala desa, perangkat desa, hingga masyarakat setempat. "Acara yang dikemas oleh teman-teman mahasiswa KKN ini sangat menarik ya dan cara penyampainnya juga menarik sekali. Dengan ini kita menjadi tahu bahwa kita harus mampu memanfaatkan perangkat-perangkat digital untuk membantu meningkatkan produk UMKM kita. Diharapkan peserta dapat mengikuti kegiatan dengan antusias." Imbuh Pak Sugeng Asmoro selaku Kepala Desa Depok. Hal senada pun turut dipaparkan oleh Bapak Sekretaris Desa bahwa acara ini sangat bermanfaat bagi BUMDes dan Pelaku UMKM karena menambah berbagai wawasan yang ternyata tidak kita ketahui sebelumnya, dan alangkah lebih baiknya ini turut direalisasikan.

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Acara ini tidak hanya berhenti di sosialisasi saja. Mahasiswa KKN kemudian melakukan pendampingan kepada pengelola BUMDes sebagai salah satu wadah untuk memasarkan produk-produk UMKM. Pendampingan ini terkait dengan pemasaran digital melalui aplikasi marketplace online Shopee. Beberapa hal yang dilakukan dalam pendampingan ini seperti membuatkan akun Shopee, mengajarkan cara log-in, foto produk, unggah produk di akun Shopee, hingga bagaimana sikap yang tepat sebagai penjual apabila melayani konsumen di marketplace online dan packing produk yang akan dikirimkan.

Sumber: Dokumentasi Pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline