Lihat ke Halaman Asli

Alifa Bakhitah Imtinan

Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Diponegoro

Cerdas Mengelola, Hidup Sejahtera! Mahasiswa KKN UNDIP Sosialisasikan PEntingnya Menejemen

Diperbarui: 15 Februari 2024   07:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosialisasi, dok. pribadi

Desa Sangge, Kab. Boyolali (Selasa, 23 Januari 2024) -- Manajemen keuangan merupakan hal yang penting khususnya UMKM. Manajemen keuangan merupakan seni mengelola keuangan yang dilakukan oleh individu untuk mencapai tujuan yang efektif, efisien, dan bermanfaat.

UMKM seharusnya memiliki manajemen keuangan yang tepat supaya dapat menghadapi tantangan bisnis di era digital ini. Kenyataannya kemampuan dalam mengatur aktivitas keuangan bagi usaha mikro kecil sering kali diabaikan dan dianggap sebagai hal yang sepele. Padahal, sebelum produksi dimulai, pelaku usaha perlu melakukan pengelolaan dimulaidari pemisahan uang pribadi, uang usaha, dan pencatatan tiap transaksi atau kegiatan yang dilakukan. Oleh sebab itu, manajemen keuangan sangatlah penting bagi sebuah usaha untuk mempertahankan kondisi keuangan agar terus bertahan dalam situasi ekonomi yang terus berubah-ubah. Anggaran yang sehat ketika jumlah pemasukan sama atau lebih besar daripada pengeluaran, jangan sampai pengeluaran kita lebih besar daripada pemasukan kita yang akan menyebabkan kondisi keuangan "bangkrut".

Dok. pribadi

Maka dari itu, Nazhwa Azzahra Rivana Nasution, Mahasiswi KKN Tim 1 Universitas Diponegoro 2023/2024 melakukan edukasi manajemen keuangan yang baik dan benar pada pelaku UMKM di Desa Sangge. Melalui edukasi ini, diharapkan membantu UMKM dalam mengelola dan memanajemen keuangan dengan baik. Hal ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan bagaimana terjadinya arus kas dan menjadi bahan evaluasi bulanan.

Penulis : Nazhwa Azzahra Rivana Nasution

DPL : Dr. Ir. Dwi Haryo Ismunarti., Msi

KKN Tim I UNDIP Desa Sangge




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline