Lihat ke Halaman Asli

Ngeblog itu Ibarat Film Mission Impossible?

Diperbarui: 25 Juni 2015   21:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13254402291605923987

BAGAIMANA hubungan ngeblog dengan film Mission Impossible (MI)? Hubungan keduanya baik-baik saja, hehehe. Namun jika disimak, ada beberapa hal menarik yang bisa dipelajari dari seri terbaru film tentang misi yang mustahil ini, yang bisa diaplikasikan dalam dunia ngeblog atau tulis-menulis secara umum.

[caption id="attachment_160516" align="aligncenter" width="605" caption="http://www.missionimpossible.com/"][/caption]

Film MI yang  kali ini bertajuk Ghost Protocol masih mengisahkan sepak terjang agen rahasia Ethan Hunt (Tom Cruise) yang menjalankan misi yang secara teoritis mustahil dilakukan. Sebagai agen rahasia, Hunt mengusai sejumlah keahlian wajib: bisa beladiri, mahir menggunakan berbagai jenis senjata, bisa menyamar dan cerdik.

Sebagai blogger, ada beberapa keahlian yang wajib dikuasai. Dibandingkan dengan agen rahasia, keahlian yang harus dikuasai blogger relatif lebih mudah. Pertama, kemampuan berbahasa, dan bagaimana menuangkannya ke dalam tulisan. 'Keahlian' ini relatif mudah dipelajari, yakni dengan terus dan terus berlatih menulis, dan di saat yang sama terus dan terus membaca.

Keahlian kedua yakni kemampuan menggunakan 'senjata'. Untuk blogger, 'senjata' utama adalah komputer, baik dalam bentuk konvensional (PC), laptop atau tablet. Jika diperlukan, telepon genggam terutama jenis smartphone juga bisa dijadikan 'senjata'. Dan tentu saja, jaringan internet.

Sebagai blogger, terkadang kemampuan menyamar juga diperlukan. Yakni tampil dengan identitas yang berbeda. Atau menggunakan nama pena. Selama tidak digunakan untuk hal yang negatif, menggunakan nama pena bisa dibenarkan. Dan rasanya menyenangkan.

***

Berbeda dengan James Bond yang biasa bekerja sendiri, Ethan Hunt selalu bekerja dalam tim. Dalam setiap aksinya Hunt ditemani beberapa orang dengan keahlian khusus.

Sebagai blogger, Anda tentu saja tak perlu merekrut staf khusus. Kecuali jika blog Anda sudah menjadi industri dan dijalankan dengan profesional dan menjadi bisnis. Jika sudah menjadi industri, maka merekrut staf adalah pilihan logis. Salah satu blog tersukses di dunia saat ini,  Mashable.com, awalnya hanya dijalankan sang pemilik, Pete Cashmore. Setelah makin maju, Cashmore merekrut reporter, dan kini Mashable dijalankan layaknya sebuah media profesional, yang punya pemimpin redaksi, editor dan reporter yang berdomisili di berbagai belahan dunia.

Jika Anda tak berminat menjadi seperti Cashmore dan lebih suka mengelola blog secara personal, itu tak berarti Anda harus benar-benar bekerja sendiri. Anda bisa memanfaatkan 'staf khusus'. Yang pertama, tentu saja Paman Google. Paman yang satu ini siap memberikan informasi tentang apa saja, yang bisa memperkaya tulisan.

'Staf khusus' yang kedua adalah jejaring sosial, seperti Facebook, Twitter dan Google+. Selain ide menulis, jejaring sosial bisa dijadikan wahana promosi yang ampuh, sehingga tulisan bisa tersebar ke berbagai penjuru dunia.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline