Lihat ke Halaman Asli

Aliefiradine

Mahasiswa

Perkembangan Bisnis melalui E-Commerce

Diperbarui: 11 Desember 2024   19:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

     Setiap hari, bulan, tahun teknologi akan selalu berkembang dan memiliki peran di berbagai bidang. Teknologi memiliki peran untuk mempermudah kita mencari, mendapatkan, dan menerapkan informasi, komunikasi, pangan, pendidikan, dsb sesuai yang kita butuhkan. Salah satu manfaat teknologi dari berbagai bidang yang dapat berkembang yaitu di dunia bisnis atau ekonomi. Penyebaran tentang bisnis yang cepat karena majunya teknologi di berbagai bidang dapat mempermudah suatu usaha untuk promosi terhadap jasa dan barang yang ingin dijual.

     Bisnis merupakan kegiatan jual beli jasa dan barang yang dilakukan oleh individu atau kelompok demi mendapatkan keuntungan dan terpenuhinya kebutuhan. Sejarah bisnis di mulai dari sebelum sistem moneter dengan metode pertukaran barang atau disebut barter, lalu di berbagai negara berkembang karena adanya logam sebagai media pertukaran dan mempermudah kegiatan jual beli, setelah adanya logam sistem keuangan tiap tiap negara berkembang dan munculnya bank dan bursa perdagangan serta peluang untuk berinvestasi demi pertumbuhan ekonomi negara, dan yang terakhir yaitu bisnis modern dengan teknologi yang hingga sekarang menjadi tren para masyarakat dunia. Dari sejarah tersebut bisnis modern dengan teknologi sangat berlangsung lama karena manfaat dan tercapainya tujuan bisnis dengan mudah. Salah satu jenis dari bisnis modern yang akan dibahas lebih dalam yaitu E-Commerce.

     Gabungan dari dunia bisnis dan teknologi dapat menciptakan jenis bisnis modern salah satunya E-Commerce yang dapat di akses dengan mudah dan luasnya jaringan jual beli sehingga bisnis tidak hanya sukses di kota dan negara sendiri melainkan negara lain. E-Commerce sendiri memiliki pengertian yaitu kegiatan jual beli yang menggunakan elektronik dengan pembayaran via internet yang mempermudah setiap orang. Pada tahun 2023 pengguna E-Commerce di Indonesia hampir mencapai 60 juta pengguna, hal ini menjadi salah satu untuk mendapatkan keuntungan secara maksimal dan cepat. Beberapa contoh aplikasi E-Commerce yang sudah tersebar di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Zalora, Sociolla, dll.

     Pada Mei 2021 di Jakarta terciptanya Asosiasi E-Commerce Indonesia yang meningkatkan relasi  dengan para pebisnis di bidang tersebut. E-Commerce sendiri memiliki banyak jenis dan yang paling banyak digemari hingga saat ini adalah jenis B2C atau disebut Business to Customer, beberapa jenis ini sudah diterapkan seperti aplikasi Tokopedia, Lazada, Shopee, dan Bukalapak. Setiap tahun berganti terdapat banyak konsumen dan peminat untuk membuat dan menjadi pemilik bisnis di bidang E-Commerce. Para pemilik usaha E-Commerce selalu memiliki banyak ide dengan karyawannya mulai dari pembuatan desain produk,  poster untuk promosi, media yang digunakan untuk promosi harus sudah dipikirkan secara matang untuk selalu menarik perhatian para masyarakat. Sebelum merealisasikan usaha pemilik harus peduli juga terhadap kelebihan dan kekurangan E-Commerce.

     Produk dan jasa masuk ke pasar global, fleksibel, tanpa harus bertemu, minimnya biaya promosi, harga lebih murah, serta bertransaksi dengan mudah menjadi kelebihan E-Commerce, tetapi banyaknya persaingan harga karena banyaknya bisnis, meningkatnya perilaku konsumtif, bocornya data pribadi, dan kurangnya keamanan di teknologi membuat para konsumen dan pemilik usaha sering tertipu dengan informasi produk palsu atau data diri palsu yang sangat berbahaya karena dapat merugikan nama perusahaan dan konsumen. Kekurangan yang tidak diatasi akan mengurangi rasa kepercayaan para konsumen dengan produk dan jasa yang dijual sehingga diharapkan perusahaan mencari solusi yang tepat dari banyak permasalahan. Banyak sekali solusi yang diberikan karena banyaknya kasus permasalahan E-Commerce seperti perlindungan yang lebih ketat di platform produk dan jasa, pengisian data diri yang lengkap, melakukan riset terhadap pelanggan, dll. Setelah menerapkan solusi dari kelebihan dan kekurangan, diharapkan jual beli melalui media elektronik dapat lebih berkembang dengan banyak manfaat dan dampak positif hingga masa depan.

HanumRamadhani, N. (2024) Perjalanan Bisnis menurut sejarah Dan Menggali eksistensi Dalam Perjalanan manusia, Kompasiana.com. Available at: https://www.kompasiana.com/amp/najwa12471/65a11c74c57afb15af228ea6/perjalanan-bisnis-menurut-sejarah-dan-menggali-eksistensi-dalam-perjalanan-manusia (Accessed: 11 December 2024).

JORDHI (2021) E-commerce adalah: Pengertian, jenis, contoh, Dan Manfaat Untuk Bisnis, Moka Blog. Available at: https://www.mokapos.com/blog/e-commerce-adalah (Accessed: 11 December 2024).

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline