Lihat ke Halaman Asli

Alicia Claricma

Mahasiswa Geografi FISIP Universitas Lambung Mangkurat

Interpretasi 9 Unsur Citra pada Tiga Jenis Citra Satelit di Kabupaten Kutai Barat

Diperbarui: 19 Maret 2024   16:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: earthexplorer.usgs.gov

Citra satelit adalah alat penting dalam pemantauan lingkungan dan pemahaman terhadap dinamika permukaan Bumi. Mereka menyediakan informasi yang berharga tentang kondisi permukaan, perubahan lahan, vegetasi, dan sumber daya alam lainnya di berbagai skala spasial. Namun, untuk memanfaatkan sepenuhnya potensi citra satelit, diperlukan pemahaman yang mendalam tentang interpretasi unsur-unsur citra. 

Dalam tulisan ini, akan diperkenalkan  interpretasi 9 unsur citra pada tiga jenis citra satelit yang berbeda: Landsat 4-5 Thematic Mapper (TM), Landsat 7 Enhanced Thematic Mapper Plus (ETM+), dan Sentinel-1 Advanced Wide Swath (AWS) Interferometric Wide (IW) dengan mode dual-polarisasi VV-VH (Sentinel-1 AWS-IW-VVVH). Ketiga jenis citra ini memiliki karakteristik yang unik, metode akuisisi yang berbeda, dan aplikasi yang beragam dalam pemantauan lingkungan dan penginderaan jauh. Berikut Penjelasan Mengenai interpretasi 9 unsur citra pada tiga jenis citra.

Jenis Citra : Citra Landsat 4-5 TM

Kelebihan:

1. Resolusi Spektral yang Baik

Citra Landsat 4-5 TM memiliki resolusi spektral yang baik, dengan kemampuan untuk menangkap gambar dalam delapan band spektral yang berbeda. Hal ini memungkinkan untuk analisis yang lebih mendalam tentang permukaan bumi, seperti identifikasi tutupan lahan dan kegiatan vegetasi.

2. Kontinuitas Temporal yang Tinggi

Landsat 4-5 TM telah memberikan data citra secara kontinu selama bertahun-tahun, sehingga memungkinkan analisis perubahan temporal dalam lingkungan dan penggunaan lahan.

3. Ketersediaan Data Gratis

Data citra Landsat tersedia secara gratis melalui program-program seperti USGS Earth Explorer, memungkinkan peneliti dan praktisi untuk mengakses informasi citra yang berkualitas tanpa biaya tambahan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline