Lihat ke Halaman Asli

10 Penulis Terkenal Amerika Serikat dan Eropa Ada di "Midnight in Paris"

Diperbarui: 5 Juni 2024   13:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Midnight in Paris (flickr.com/Edmund Yeo)

Midnight in Paris merupakan film rilisan tahun 2011, disutradarai oleh Woody Allen. Film ini berkisah tentang Gil Pender, seorang penulis naskah sukses di Hollywood yang ingin tinggal di Paris, Prancis.

Gil merasa Paris bisa menjadi tempat yang cocok untuk melanjutkan mimpi karier-nya sebagai penulis novel (novelis). Namun, keinginannya ini tidak diinginkan oleh tunangannya. Tunangannya lebih menginginkan ia kembali ke Amerika dan tetap bekerja sebagai penulis naskah Hollywood. Jika Gil mengikuti kata hatinya, maka hubungannya dengan tunangannya akan berakhir. Hal ini menimbulkan dilema bagi Gil: mengikuti kata hatinya atau mengikuti harapan tunangannya. 

Masalah yang dihadapi ini membuat Gil banyak merenung. Setiap malam, Gil berkhayal sendirian sambil berjalan kaki di Paris. Tokoh-tokoh terkenal mulai bermunculan dalam dunia khayalan Gil. Paris kembali ke masa tahun 1920-an — setting-an, menurut Gil, masa terindah di Kota Paris. Beberapa penulis terkenal asal Amerika, bahkan Eropa, hadir sebagai tokoh film ataupun sebagai referensi percakapan dalam masa perenungan Gil.

Berikut ini, beberapa penulis terkenal Amerika dan Eropa yang muncul (sebagai tokoh film atau nama yang disebutkan) dalam film.

1. F. Scott Fitzgerald

Sketsa F. Scott Fitzgerald (flickr.com/Peter Hess) 

F. Scott Fitzgerald adalah penulis asal Amerika Serikat yang telah mempublikasikan banyak karya berbentuk novel, cerpen, dan esai. Scott sudah tertarik dengan dunia literasi sejak umur 13 tahun. Beberapa karya terkenalnya adalah “The Side of Paradise” (1920), “The Great Gatsby” (1925), “Tender Is the Night” (1934), dan “The Curious Case of Benjamin Button” (1922).

Dalam film Midnight in Paris, F. Scott Fitzgerald merupakan tokoh yang cukup mencolok. Ia memperkenalkan Gil Pender kepada beberapa tokoh penulis lainnya, yaitu Zelda Fitzgerald dan Ernest Hemingway.

2. Zelda Fitzgerald

Potret Zelda Fitzgerald (astorica.it/Chiara)

Zelda Fitzgerald tidak dikenal sebagai istri F. Scott Fitzgerald saja, ia juga seorang penulis terkenal secara merit. Meskipun karya-karyanya sempat tidak diakui sebagai literasi yang bermutu, hal itu berubah beberapa tahun kemudian setelah ia dan F. Scott Fitzgerald sudah tidak ada. Satu karya novel Zelda Fitzgerald yang  terkenal setelah bertahun-tahun, berjudul “Save Me the Waltz” (1932). Novel ini terinspirasi dari kehidupan pernikahannya dengan Scott. Novel ini juga bisa menjadi novel komplementer dengan novel suaminya, Scott Fitzgerald, dalam “Tender is The Night” (1934).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline