Lihat ke Halaman Asli

Ali Muakhir

TERVERIFIKASI

(Penulis Cerita Anak, Content Writer, dan Influencer)

Menebar Manfaat pada Mullaf di Maluku Utara

Diperbarui: 9 April 2023   10:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ibu Rani dengan Kambing-Kambingnya (Foto LMI)

Tidak semua infaq yang diamanahkan donatur selalu dimanfaatkan untuk kesejahteraan masjid atau panti asuhan. Infaq juga disalurkan pada orang-orang yang memang butuh dan perlu bantuan.

Seperti yang dilakukan Laznas Lembaga Managemen Infaq (LMI), yang memberikan bantuan pada Ibu Rani, seorang muallaf yang tinggal di Maluku Utara. Ibu dari 2 anak tersebut memutuskan muallaf pada tahun 2014 karena menemukan ketenangan dan banyak sekali urusan yang dimudahkan oleh Allah Swt.

Pada awal tahun 2021, Ibu Rani bertemu dengan salah satu fasilitator Laznas LMI yaitu Bapak Ustad Faisol Mubarok. Bersama 25 muallaf lainnya, Ibu Rani belajar banyak melalui Pengajian muallaf di Desa Wayamiga, Bacan Timur, Halmahera Selatan. Belajar fiqih, aqidah, ibadah, hingga tilawah.

Jika sebelumnya tidak bisa membaca Al-Quran  sama sekali, setelah bertemu dengan fasilitator Laznas LMI, Ibu Rani akhirnya bisa membaca Al-Quran dan pengetahuan Islam lainnya.

Program Ternak Nusantara

Salah satu program yang dikelola Laznas LMI yang hingga kini terus berjalan salah satunya Program Ternak Nusantara. Dengan program tersebut, Ibu Rani dan beberapa ibu lainnya menjadi mustahik dan mendapat dukungan dari Laznas LMI.

Ibu Rani dan ibu-ibu lainnya mendapat bantuan 5 anakan kambing betina dan 1 anakan kambing jantan. Tidak berapa lama, anakan kambing tersebut besar bahkan hingga melahirkan.

Biasanya Bu Rani mencari pakan kambing dengan memotong rumput disekitaran rumah dibantu oleh suaminya. Namun jika suami sedang ada panggilan bantu bangun rumah orang, maka ia mencari pakan ternak sendirian.

Bu Rani sangat bersyukur bisa mendapatkan kepercayaan dari Laznas LMI untuk beternak kambing dari Program Ternak Nusantara sehingga hingga kini bisa memenuhi kebutuhan hidupnya.

Profil Laznas LMI

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline