Lihat ke Halaman Asli

Algracia VanessaHalim

Mahasiswa Sosiologi

Implementasi Program Vaksinasi Covid-19 di Desa Cilebut Barat

Diperbarui: 23 Mei 2022   19:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Vaksinasi Covid-19 merupakan hal yang penting di masa pandemi Covid-19 ini. Vaksinasi ini dapat bermanfaat agar tubuh tidak terlalu merasakan dampak dari terpaparnya virus Covid-19, selain itu vaksinasi juga dapat berpengaruh dalam meminimalisir resiko penularan virus Covid-19. 

Diharapkan dengan dilaksanakannya program vaksinasi Covid-19 dapat menekan atau mengurangi angka penularan Covid-19 dan angka kematian akibat terpapar Covid-19. 

Namun bukan hanya itu, dengan vaksinasi Covid-19 yang telah menjadi syarat untuk bepergian, bekerja, bersekolah, dan lainnya sesuai aturan dari pemerintah, vaksinasi ini menjadi salah satu faktor untuk pemulihan kondisi sosial serta ekonomi akibat dampak dari pandemi Covid-19. Oleh karena itu program vaksinasi Covid-19 perlu untuk dilaksanakan. 

Salah satu desa yang melaksanakan program vaksinasi Covid-19 adalah Desa Cilebut Barat. Desa Cilebut Barat merupakan desa yang terletak di Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Menurut data dari BPS, dalam tahun 2019, Desa Cilebut Barat memiliki jumlah penduduk sebanyak 35.105 Jiwa, dan dengan angka tersebut, Desa Cilebut Barat menjadi desa yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di Kecamatan Sukaraja. 

Pada tahun 2020 jumlah penduduk di Desa Cilebut Barat kemudian meningkat menjadi 44.416 jiwa apabila dihitung dengan penduduk yang memiliki kartu keluarga di luar Desa Cilebut Barat, dan 36.176 jiwa apabila yang dihitung hanya penduduk dengan kartu keluarga terdaftar di Desa Cilebut Barat. 

Program vaksinasi yang telah berjalan di Desa Cilebut Barat ini memberikan vaksin jenis Sinovac dan Covavac kepada masyarakat di desa tersebut. Dalam pemberian vaksin Covid-19, program yang dilaksanakan ini tentunya memiliki tantangan-tantangan yang perlu dihadapi agar program dapat berjalan dengan lancar. 

Dalam wawancara dengan Sekretaris Desa Cilebut Barat, dijelaskan bahwa pada awal pelaksanaan program vaksinasi ini terdapat tantangan yaitu dosis vaksin yang ada belum mencukupi atau masih terbatas, dan minimnya tenaga kesehatan yang dapat membantu pemberian vaksinasi. 

Di awal tahun 2021, di mana sempat terjadi lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia membuat banyak masyarakat berusaha untuk segera mendapatkan vaksin Covid-19. Dengan hal tersebut, pemerintah Desa Cilebut Barat cukup kewalahan dalam pemberian vaksinasi karena keterbatasan dalam dosis vaksin yang dimiliki serta kurangnya tenaga kesehatan yang ada. 

Namun, pada pertengahan tahun 2021, pemerintah Desa Cilebut Barat mulai bisa mengatasi kendala-kendala yang dihadapi, dan dalam mempermudah pendaftaran vaksinasi bagi masyarakat, dibuka pendaftaran secara online. Hingga tahun 2022 program vaksinasi ini dapat berjalan dengan baik. 

Sekretaris Desa Cilebut Barat mengatakan bahwa sudah sekitar 93% dari seluruh warga Desa Cilebut Barat yang telah di vaksin. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline