Lihat ke Halaman Asli

Tifa Johnson

Marketing Strategies

Rahasia Sukses di Instagram: Meningkatkan Brand Awareness dan Penjulan

Diperbarui: 25 Mei 2023   11:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Instagram, platform berbagi foto dan video yang populer, telah menjadi jalan yang menjanjikan bagi bisnis untuk mencapai kesuksesan pemasaran. Dengan lebih dari 1 miliar pengguna bulanan pada Januari 2020, Instagram adalah platform yang tidak bisa diabaikan. Bukan hanya untuk remaja menganggur, Instagram menawarkan potensi besar untuk menjangkau pelanggan potensial dan mendapatkan hasil yang menguntungkan bagi bisnis Anda.

Di balik angka-angka mengesankan ini, ada strategi pemasaran yang efektif yang perlu Anda terapkan. Berikut adalah beberapa tips pemasaran Instagram yang telah terbukti efektif dan dapat membantu Anda mengembangkan bisnis Anda.

1. Perhatikan Deskripsi Bio yang Menarik

Deskripsi Bio pada profil Anda adalah peluang besar untuk menarik minat calon pelanggan. Pastikan informasi yang Anda berikan singkat, akurat, dan menarik. Sertakan URL situs web Anda dan pastikan foto profil Anda terlihat profesional. Bio Anda adalah titik awal pertama bagi pengunjung profil Anda, sehingga penting untuk memberikan kesan yang positif dan meyakinkan tentang merek Anda. Gunakan layanan seperti Bitly untuk memperpendek URL agar sesuai dengan batas 150 karakter pada bio Instagram.

2. Sinkronkan Semua Akun Media Sosial

Menghubungkan business social media accounts Anda ke akun Instagram adalah langkah penting dalam mengembangkan audiens Anda. Jika Anda memiliki pengikut yang signifikan di platform lain seperti Twitter atau Facebook, menghubungkannya dengan Instagram akan membantu Anda menjangkau pengikut Anda yang ada di sana. Selain itu, dengan menghubungkan akun media sosial Anda, Anda dapat menghemat waktu dengan mengotomatisasi postingan Anda di Instagram ke platform lain.

3. Manfaatkan Kekuatan Hashtag

Hashtag berperan penting dalam meningkatkan visibilitas merek Anda di Instagram. Menggunakan hashtag yang relevan dan populer membantu Anda menjangkau audiens yang lebih luas dan menarik calon pelanggan baru. Gunakan hashtag dengan bijak dan sesuaikan dengan konten Anda. Jangan hanya menggunakan hashtag secara acak tanpa mempertimbangkan relevansinya. Anda dapat mencari hashtag yang sedang tren dan menggunakannya untuk meningkatkan peluang postingan Anda muncul di bagian postingan populer di Instagram. Tetapi pastikan hashtag yang Anda gunakan sesuai dengan konten Anda. Batas hashtag per posting di Instagram adalah 30, tetapi sebaiknya gunakan 2-5 hashtag yang relevan.

4. Memanfaatkan Instagram Story

Instagram Story merupakan fitur yang memungkinkan Anda menggabungkan berbagai gambar dan video menjadi tayangan slide-show yang akan menghilang setelah 24 jam. Mirip dengan Snapchat Stories, fitur ini sangatlah penting untuk dimanfaatkan sebaik mungkin dalam memperkuat profil bisnis Anda dan mendorong interaksi dari pengguna. 

Dengan fitur-fitur seperti filter AR, musik, stiker, dan polling, Anda memiliki kemampuan tak terbatas untuk mengekspresikan kreativitas Anda. Sebagai contoh, Anda dapat membuat jajak pendapat dengan pertanyaan "Pernahkah Anda mendengar tentang penawaran diskon kami untuk semua produk?" dengan opsi jawaban YA/TIDAK. Melalui hasil polling ini, Anda akan mendapatkan pemahaman kasar tentang efektivitas strategi pemasaran Anda secara keseluruhan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline