Sekitar 65% pengguna Facebook aktif setiap hari. Ini adalah peluang besar bagi pebisnis online untuk untuk memasarkan produk, jasa, layanan dan bisnis mereka di Facebook. Namun, seiring berjalannya waktu dan jumlah bisnis yang hadir di Facebook meningkat secara signifikan setiap tahun.
Hal ini berdampak pada semakin sulitnya pebisnis untuk tetap berada pada level yang kompetitif. Mereka harus bekerja keras, menghabiskan banyak waktu dan anggaran, serta menemukan strategi Facebook marketing yang efektif dan mampu bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama.
Persaiangan ketat ini menuntut pemasar dan pebisnis untuk lebih kreatif, cerdas, dan teliti dalam hal membangun koneksi bisnis, berinteraksi dengan audiens, dan penerapan taktik pemasaran Facebook.
1. Menargetkan audiens yang lebih spesifik
Mengiklankan bisnis, produk, dan penawaran Anda melalui Facebook akan memungkinkan Anda untuk menargetkan audiens yang lebih spesifik sesuai dengan pilihan Anda. Pastikan bahwa Anda dapat mendedikasikan waktu dan sumber daya Anda untuk membuat persona pembeli dan menganalisis basis pelanggan Anda. Ini akan membantu Anda untuk menyampaikan pesan pemasaran Anda kepada audiens yang tepat pada waktu dan tempat yang tepat.
2. Menargetkan prospek yang sudah Anda miliki di Facebook
Facebook menawarkan fitur canggih yang disebut Facebook Custom Audience yang memungkinkan pemasar untuk mengunggah daftar email dan menampilkan iklan Anda kepada audiens tertentu. Menargetkan prospek yang telah Anda dapatkan sebelumnya akan memberi Anda peluang lebih besar untuk meningkatkan penghasilan Anda.
3. Membuat kontes untuk meningkatkan keterlibatan
Menyelenggarakan kontes Facebook bukan lagi sesuatu yang baru. Hal ini tidak berarti bahwa menjalankan sebuah kontes tidak memberikan dampak yang signifikan lagi atau menjadi kurang bermanfaat. Kontes Facebook telah terbukti sebagai salah satu taktik pemasaran Facebook yang paling efektif. Menjalankan kontes dengan hadiah memikat akan secara signifikan meningkatkan keterlibatan dan pendapatan.
4. Tunjukan bahwa Anda manusia nyata dan bukan robot dengan postingan gambar staf yang menyenangkan
Semua media sosial adalah tentang orang, begitu juga Facebook. Awalnya, Facebook dimaksudkan untuk alat berinteraksi dan berkomunikasi, bukan sebagai media pemasaran atau iklan. M,eskipun Facebook dapat digunakan sebagai alat pemasaran tetapi hal ini tidak mengurangi atau menghilangkan fungsi media sosial sebagai sarana komunikasi. Sayangnya, banyak pemasar tidak menyadari hal ini. Memanusiakan brand Anda dengan foto-foto karyawan yang super menyenangkan adalah cara yang bagus untuk menunjukkan kepada audiens bahwa Anda bukanlah robot melainkan individu nyata yang siap dan selalu tersedia untuk dihubungkan.