* Piaget: Fokus pada perkembangan kognitif individu melalui interaksi dengan lingkungan fisik. Anak membangun pemahaman dunia secara mandiri.
* Vygotsky: Menekankan peran sosial dan budaya dalam perkembangan kognitif. Anak belajar melalui interaksi dengan orang lain yang lebih berpengalaman.
Teori Vygotsky (Sosiokultural)
* Zona Perkembangan Proksimal (ZPD): Jarak antara apa yang dapat dilakukan anak sendiri dan apa yang dapat dilakukan dengan bantuan orang lain.
* Scaffolding: Proses memberikan dukungan yang tepat untuk membantu anak mencapai ZPD-nya.
* Bahasa: Alat utama untuk belajar dan berpikir.
Teori Piaget (Konstruktivisme Kognitif)
* Tahapan Perkembangan: Sensorimotor, pra-operasional, operasional konkret, operasional formal.
* Skema: Struktur mental yang digunakan untuk memahami dunia.
* Akomodasi dan Asimilasi: Proses menyesuaikan skema dengan informasi baru.
Perbandingan