Lihat ke Halaman Asli

Alghifario

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (23107030074)

Ingin makanmu lebih nikmat? Kenali Mindful eating ini!

Diperbarui: 23 Februari 2024   16:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: health.harvard.edu 

Pada era sekarang banyak sekali orang-orang makan terburu-buru karena demi kerjaannya seakan-akan makan itu hal yang sepele. Padahal makan itu sumber energi tubuh kita, kalau tidak makan maka tubuh kita tidak memiliki energi dan membuat aktivitas anda terhalang.

Tubuh ini memerlukan asupan nilai gizi yang seimbang protein, karbohidrat, lemak, vitamin, serat, mineral, zat besi secara menyeluruh yang membuat tubuh berfungsi. Di era modern sekarang ini, sering sekali orang makan sambil melakukan aktivitas lain, itu membuat hilangnya konsentrasi makan. Lalu banyak juga makan makanan cepat saji yang tidak memerhatikan nilai gizi dari makanan tersebut.

Makan itu bukan hanya sekadar mengisi kekosongan perut, kita harus memerhatikan pola makan kita dan nilai gizi makan untuk menjadikan makanan sehat. Dengan makan makanan sehat, tubuh kita tidak rentan terkena penyakit, hidup lebih bermanfaat, memiliki aura yang positif, dan juga pikiran yang positif.

Dengan Mindful eating, kita bisa memperhatikan jenis-jenis makanan yang kita makan. Kita bisa menikmati makan tersebut, memahami makanan yang bisa membuat sehat, makan dengan emosional, jadi benar-benar fokus pada makanan itu tidak terburu-buru. Dengan mindful eating juga kita akan peka terhadap rasa kenyang, porsi terukur, melatih kesabaran, dan memupuk rasa syukur terhadap makanan.

Emang apa sih Mindful eating ini? Mindful eating atau makan penuh dengan kesadaran adalah pola makan dengan kesadaran penuh serta memperhatikan jenis makanan yang sudah masuk ke mulut. Mindful eating juga melibatkan pikiran, emosi, dan sensasi fisik pada saat ini. Makan dengan penuh kesadaran mendorong seseorang untuk membuat pilihan yang memuaskan dan menyehatkan tubuh.

Makan dengan penuh kesadaran membantu dalam membuat pilihan makanan yang lebih sehat dan mengembangkan kebiasaan yang bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Ada beberapa tips untuk mindful eating, yaitu:

Ketahui sinyal lapar pada tubuh anda

Ketika Anda lapar maka tubuh Anda memberi sinyal lapar yang dimana itu petanda bahwa tubuh Anda butuh asupan makanan. Seringkali orang mengabaikan hal itu,terkadang banyak orang menemukan cara untuk menyesuaikan diri dengan tubuh mereka, Daripada hanya makan saat kita mendapat sinyal emosional, yang mungkin berbeda bagi kita masing-masing, baik itu stres, kesedihan, frustrasi, kesepian, atau bahkan sekadar kebosanan, kita bisa mendengarkan tubuh kita. Apakah perut Anda keroncongan, energi lemah, atau merasa sedikit pusing? Mindful eating sebenarnya adalah merespon dengan emosional seperti merespon sinyal lapar dari tubuh kita.

Jangan terburu-buru

Pada era sekarang banyak sekali orang makan terburu-buru atau makan makanan yang instan padahal makanan tersebut memiliki dampak yang buruk pada kesehatan. Maka dari itu kita harus belajar menyantap makanan secara perlahan dan tidak tergesa-gesa. Pelan-pelan adalah salah satu cara terbaik agar pikiran dan tubuh kita mengkomunikasikan apa yang sebenarnya kita butuhkan untuk nutrisi. Tubuh sebenarnya mengirimkan sinyal kenyang sekitar 20 menit setelah otak, itulah sebabnya kita sering makan berlebihan tanpa disadari. Namun, jika kita memperlambatnya, Anda dapat memberikan tubuh Anda kesempatan untuk mengikuti otak Anda dan mendengar sinyalnya.

Syukuri makanan yang ada

Ketika makan, kita tidak perlu berpikir bahwa kita harus mengikuti nafsu lapar kita seperti berkeinginan makan di restoran mahal, rela pergi jauh demi mengikuti nafsu tersebut. Dalam mindful eating kita tidak perlu melakukan hal seperti itu, cukup makan di warung makan saja, karena prinsip mindful eating  adalah kita fokus ke makanan yang kita makan, menikmati dengan perlahan-lahan sambil menikmati rasa,suasana, emosional kita.

Jangan sering makan makanan instan

Jangan tergiur dengan makanan fast food, memang sih fast food ini kadang lebih enak, lebih mudah, dan cepat di makan. Namun keseringan makan fast food tidak baik pada kesehatan. Mulailah mengolah masakan, pastikan seimbangkan dengan gizi dan nutrisinya.

Makanlah di meja makan agar terhindar dari gangguan

Aturlah waktu makan mu jangan sampai kelaparan dan  makanlah di meja makan karena ini akan lebih teratur dan bisa terhindar dari gangguan misal gadget anda hal ini akan membuat anda lebih fokus ke makanan anda.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline