Lihat ke Halaman Asli

Alfyn M Cahyo

Mahasiswa

Support UMKM oleh Mahasiswa PMM Universitas Muhammadiyah Malang di Desa Sukun Gempol Kota Malang

Diperbarui: 11 Mei 2024   07:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Mahasiswa PMM kelompok 36 gelombang 3 Universitas Muhammadiyah Malang melakukan program kegiatan PMM pada tanggal 9 Februari sampai 19 Februari. Kegiatan yang dijalankan adalah mensuport UMKM yang ada di desa Sukun Gempol, Kota Malang tepatnya di desa Sukun Gempol RT 11 RW 09. Bentuk support yang dilakukan adalah membuat brosur barcode yang berisikan materi tentang cara mengembangkan usaha yang sedang dijalankan.

Kegiatan tersebut telah di setujui oleh ketua RW 09 Sukun Gempol, Kota Malang. Bapak Kusdiono mengatakan "kegiatan tersebut bagus, karena semenjak covid-19 banyak warga yang kehilangan pekerjaan dan membuka usaha kecil-kecilan di rumah, semoga apa yang dilakukan mbak dan mas bisa bermanfaat bagi warga RT 11". Setelah menjelaskan maksud kedatangan kami, kami pun melakukan dokumentasi untuk bahan pendukung di laporan akhir.

Hari pertama PMM yang berkegiatan di lingkungan masyarakat adalah kelompok PMM melakukan observasi terhadap UMKM yang ada di RT dan melakukan pendataan, selanjutkan membuat brosur barcode yang berisikan materi tentang bagaimana cara mengembangkan usaha yang beru dijalankan. Hasil dari observasi kami, ternyata banyak dari warga RT 11 yang membuka took klontong dan beberapa memjual makanan cepat saji seperti dimsum, tempura, tela-tela dan minuman saset.

            Hari berikutnya kami melakukan demo dan menyebarkan brosur di tempat-tempat yang banyak dilalui oleh warga dengan harapan banyak yang mengetahui dan menambah wawasan bagi warga yang membaca. Kami menjelaskan bagaimana mengembangkan usaha yang baru mulai secara singkat kepada warga yang membuka usaha di RT 11.

Dok. pribadi

Kegaiatn selanjutnya adalah membuatkan media promosi bagi salah satu warga yang baru saja membuka usaha baru yaitu menjual makanan fast food. Hasil dari observasi kita bahwa di warung mbak Santi ini belum ada banner yang memperjelas bahwa mbak Santi menjual makanan. Tujuan kita membuat dan memtusukan media promosi Mbak Santi banner agar warga yang melewati rumah Mbak Santi mengetahui bahwa mbak Santi menjual makanan, dan supaya usaha Mbak Santi mempunyai branding sendiri.

Dok. pribadi

Dengan apa yang sudah kami (kelompok PMM UMM) lakukan alhamdulillah diterima baik oleh warga RT11 RW 09, semoga yang kelompok 36 Gelombang 3 PMM Universitas Muhammadiyah Malang bisa bermanfaat bagi warga.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline