Lihat ke Halaman Asli

Alfun Salam

Catatan Perjalanan

Pembelajaran Baca Tulis Al Quran (BTQ) SMP Islam Sidoarjo

Diperbarui: 11 April 2022   08:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pembelajaran Baca Tulis Al-quran/dokpri

SMP ISLAM SIDOARJO menyelenggarakan pembelajaran Baca Tulis Al Qur'an (BTQ) sebagai  Mulok (Muatan Lokal).Pembelajaran ini bermanfaat untuk siswa-siswi tentang cara membaca dan menulis Al-Qur'an secara benar, memahami dan mengamalkan Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari.

Melalui pembelajaran  BTQ diharapkan siswa-siswi dapat membaca,menulis Al-Qur'an dengan lancar, baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu Tajwid. Bagi siswa yang belum bisa membaca Al Qur'an dapat memanfaatkannya dengan belajar buku AT-TARTIL mulai jilid 1 sampai jilid 6, Selain itu siswa-siswi juga dilatih untuk menghafal Surat dan ayat-ayat pilihan, jadi anak yang awalnya tidak bisa baca tulis Al-Qur'an akan dibina dan dibimbing oleh Bapak Ibu Guru pengajar BTQ dan insya Allah lulus anak-anak bisa baca tulis Al-Qur'an.

Tenaga guru btq di SMP ISLAM SIDOARJO semuanya sudah bersyahadah dan berpengalaman. Waktu Pelaksanaan Kegiatan pembelajaran BTQ dilaksanakan pada  Senin-Kamis pukul 07.00--08.20 WIB

Tujuan pembelajaran ini

Memberi pengetahuan kepada siswa-siswi SMP ISLAM SIDOARJO untuk memiliki pengetahuan dan kemampuan membaca huruf arab yang meliputi bacaan dalam AT-TARTIL, Juz 'Amma dan Al Qur'an 30 juz. Agar siswa-siswi SMP ISLAM SIDOARJO mampu dan mau membaca dengan benar serta fasih sesuai dengan makhroj dan ulumul tajwid.

Pembelajaran ini memberi kegiatan yang positif kepada siswa-siswi SMP ISLAM SIDOARJO tentang pengetahuan baca / tulis huruf Al Qur'an.

Materi Kegiatan

  • Pengenalan huruf-huruf hijaiyah yang 28 macam.
  • Pengenalan tanda baca yang meliputi fathah, kasroh, dhummah, sukun, tasydid, dll.
  • Pengenalan terhadap huruf-huruf yang dirangkai (sambung dengan huruf-huruf yang lain).
  • Membaca buku AT-TARTIL jilid 1 s/d 6.
  • Membaca Juz 'Amma dan dilanjutkan membaca Al Qur'an.

Bagi siswa-siswi yang sudah bisa baca dengan fasih,benar,lancar dan sudah khatam jilid 6 dan khatam Al-Qur'an Juz 30 maka akan diadakan Ujian Munaqosah dan di uji oleh Tim munaqis BMQ AT-TARTIL kantor pusat cabang Sidoarjo dan siswa-siswi yang sudah lulus dari SMP ISLAM SIDOARJO diharapkan bisa membaca Al-Qur'an dan bisa mengamalkan isi terjemahannya dan hafalan surat dan ayat-ayat pilihan. (Makrus)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline