Lihat ke Halaman Asli

Alfredsius Ngese Doja Huller

Penulis adalah salah satu mahasiswa Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Widya Sasana Malang dari Seminari San Giovanni xxiii Malang

Absurditas Bom Bunuh Diri dalam Mengejar Kebahagiaan Ditinjau dari Logika Aristotelian dan Thomas Aquinas

Diperbarui: 10 Februari 2022   16:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

muhzulzidan.com

Absurditas Bom Bunuh Diri dalam mengejar kebahagiaan ditinjau dari logika Aristotelian dan Thomas Aquinas

Saya memiliki keprihatinan dengan fenomena yang terjadi di negara kita tercinta ini, dengan adanya terorisme dan pelaku bom bunuh diri. Semoga teman-teman mahasiswa atau siapapun yang membaca artikel ini tidak terpapar paham terorisme dan paham yang keliru tentang radikailme yang mengesampingkan sisi kemanusiaan. Saya mencoba menunjukkan mengapa paham tersebut keliru dari sudut pandang filsafat.

Orang yang bijaksana dapat kita katakan sebagai yang berbahagia. Karena orang yang bijaksana dalam hidupnya tidak akan memiliki kekurangan apa pun. Dalam filsafat kebijaksanaan menjadi tema yang sangat menarik, karena filsafat sendiri adalah ilmu yang mengejar kebijaksanaan. 

Seorang filsuf pendiri sekolah filsafat Academia memasang sebuah tulisan di depan pintu gerbang, "know yourself". Hal ini menunjukkan bahwa proyek dalam mengejar kebijaksanaan itu dimulai dari pengenalan diri sendiri.

Apakah orang yang mengenal dirinya sendiri berbahagia? Apakah bahagia berarti sehat dan kuat? ataukah bahagia berarti memiliki istri atau suami idaman? Ataukah bahagia berarti suatu hadiah yang kita terima karena melakukan sesuatu, ganjaran atas aktivitas yang kita lakukan? Dalam konteks pembahasan kali ini apakah bom bunuh diri diyakini mendapat kebahagiaan di surga? 

Filsafat tidak menghantar setiap individu pada definisi bahagia yang melegakan batin. Tetapi menggerakkan segenap akal budi manusia untuk bersikap kritis dan tidak lega dengan apa pun yang dianggap sudah cukup.

Kebahagiaan adalah kerinduan semua orang dan menjadi gol kita dari peziarahan hidup ini. Menurut Aristoteles kebahagiaan bukanlah keadaan fisik atau status jiwa. Ia tidak menunjukkan secara persis disposisi bahagia, karena kebahagiaan bukanlah suatu disposisi. Baginya bahagia adalah identik dengan aktivitas mengejar kebahagiaan itu sendiri.

Logika Aristotelian menegur cara pandang kita yang selama ini kerap kali memandang atau memahami bahwa kebahagiaan adalah sebuah produk, hasil atau ganjaran. 

Maaf, teman-teman pelaku bom bunuh diri saya katakan kurang berpikir luas. Sebab mereka yang melakukan bom bunuh diri, yang melaksanakannya dengan penuh keyakinan bahwa nantinya akan mendapat kebahagiaan di surga. Dalam pemikiran filsafat Aristotelian ini aneh dan absurd. Kebahagiaan tidak dapat disamakan dengan aktivitas melakukan keburukan.

Thomas Aquinas yang merupakan seorang murid Aristoteles mengungkapkan logika Aristoteles dengan baik. ia berpendapat bahwa kebahagiaan identik dengan produk aktivitas virtus (keutamaan) dan bukan kejahatan, haruslah dapat diandaikan aktivitas untuk mengejar virtus adalah aktivitas yang membahagiakan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline