Lihat ke Halaman Asli

Alfred M

Universitas Kristen Petra

Motif Ecoprint Ubah Lampu Belajar Menjadi Unik dan Estetik

Diperbarui: 24 Maret 2022   09:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Foto oleh Alfred Manuel Christanto)

Aktivitas manusia bisa sangat efektif bila aktivitas tersebut didukung dengan segala sesuatu yang efektif pula. Aktivitas manusia bisa menjadi tidak produktif karena suasana ruang yang tidak mendukung. Segala sesuatu yang bisa mendukung aktivitas manusia bisa dalam bentuk banyak hal, baik itu penerangan, penghawaan, perabot, suasana ruang, dan lain-lain. Tidak jarang manusia melakukan aktivitasnya namun tidak bisa produktif, tertekan, karena aktivitas itu tidak didukung dengan ruang yang ada, sehingga banyak yang mengalami stress, depresi, bahkan hingga bunuh diri.

 

Penerangan adalah salah satu faktor penting yang bisa mendukung aktivitas manusia di dalam ruang. Manusia tidak bisa melakukan aktivitasnya di dalam ruang atau malam hari jika tidak ada penerangan yang cukup. Banyak dampak bila manusia melakukan aktivitas dengan penerangan yang minim, salah satunya adalah penyakit mata. Hal ini menyebabkan banyak orang yang menggunakan kacamata minus.

 

(Foto oleh Alfred Manuel Christanto)

 

Lampu belajar mendukung aktivitas belajar, membaca, bermain, dan lain-lain. Lampu belajar mendukung aktivitas manusia di dalam ruang, tepatnya diatas meja. Produk lampu belajar ini diberi nama "Lampu Belajar Motif Ecoprint".

 

Bukan hanya sekedar lampu, produk ini memiliki estetika dan keunikan tersendiri. Lampu belajar ini dibuat dengan motif daun ecoprint. Ecoprint adalah sebuah metode dimana tumbuhan seperti bunga dan dedaunan menjadi motif di dalam sebuah produk. Metode ini bisa diterapkan di beberapa material seperti kayu, kain, dan kulit. Prosesnya tidak sulit, metode ini hanya menggunakan tumbuhan disekitar yang diatur diatas kayu yang sudah direndam dengan air cuka, lalu di press hingga warna tumbuhan menempel di kayu tersebut. Kayu bermotif langsung dikeringkan dan siap digunakan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline