Lihat ke Halaman Asli

alfred karafir

Verba Volant, Scripta Manent

Aksi Demo Bara Hari ini, KNPB Sebar Isu Kebohongan Pada Masyarakat Papua

Diperbarui: 2 Juni 2016   15:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Jayapura- Nesta Gimbal atau seorang yang biasa di kenal oleh sebagian simpatisan Pro Papua merdeka, Ones Suhuniap dalam akun Facebooknya terus menyebar isu bohong, kali ini dia memanfaatkan sebuah foto dimana ada seorang wanita asli Papua yang sedang berbicara dengan seseorang yang tidak terlihat, dan sebelah wanita ada seorang laki-laki yang sepertinya mendengarkan percakapan mereka.

Saat itulah seorang Nesta Gimbal menggunakan foto tersebut dengan menambahkan suatu keterangan pada foto tersebut bahwa dirinya dalam akun facebooknya memberitakan wanita ini dipukul oleh Barisan Merah Putih Pembela NKRI yang pada saat itu sedang melaksanakan orasi. padahal dalam foto yang sebenarnya foto itu merupakan foto dimana kedua orang tersebut terkena razia Polisi dan mereka diberi peringatan, karena mereka tidak menggunakan helm saat mereka berkendara roda dua.

Dari kalangan Netizen maupun wartawan sendiri, ini merupakan tindakan yang menunjukkan betapa tidak berpendidikannya seorang Ones Suhuniap yang merupakan sekretaris KNPB, dia menunjukkan kekalahan dan kemunafikan, betapa bodohnya dia  yang telah membuat status Hoax ini.

Dari informasi pengakuan wanita yang ada di foto itu, dirinya telah membuat laporan palsu pada tabloidjubi.com dan menerima pembayaran atas perbuatannya tersebut serta  untuk selanjutnya dirinya mengadukan kasus ini ke Komnas Ham perwakilan Papua dan Lapor Ke Polda Papua. Namun setelah dikonfirmasi ke Perwakilan Komnas HAM dan Polda Papua ternyata laporan tersebut tidak ada pelanggaran HAM atas laporan tersebut.

Untuk itu masyarakat Papua harus selalu berfikir jernih dan terus menganalisa tentang kebenaran atas suatu berita yang entah isinya berita yang memprovokasi masyarakat atau apa, dan sudah pasti bahwa orang yang sudah membuat berita seperti Ones Suhuniap ini adalah orang yang tidak suka Papua itu damai karena selalu saja ingin membuat kekacauan dan kerusuhan di Papua. (Red.ak)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline