Lihat ke Halaman Asli

Alfonsina M. Tapotubun

Dosen FPIK Universitas Pattimura - Duta Kampus Merdeka

Mahasiswa Teknologi Hasil Perikanan Unpatti Unggul: Berdaya Saing, Berintegritas, dan Tangguh Menghadapi Tantangan Global

Diperbarui: 29 November 2023   06:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pengurus HMJ PS THP FPIK Periode 2023-2024 (Dok. pribadi)

MENUJU MAHASISWA TEKNOLOGI HASIL PERIKANAN YANG UNGGUL: BERDAYA SAING, BERINTEGRITAS, DAN TANGGUH MENGHADAPI TANTANGAN GLOBAL (penulis: Alfonsina Mathina Tapotubun)

Program Studi Teknologi Hasil Perikanan (THP) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Pattimura (UNPATTI) telah menyandang peringkat UNGGUL yang ditetapkan dengan SURAT KEPUTUSAN DIREKTUR DEWAN EKSEKUTIF BADAN AKREDITASI NASIONAL PERGURUAN TINGGI NOMOR : 4244/SK/BAN-PT/Ak.Ppj/S/X/2023.  Masa berlaku peringkat akreditasi Unggul yang berhasil diraih oleh Program Studi Teknologi Hasil Perikanan FPIK Universitas Pattimura adalah sejak tanggal ditetapkan yaitu 17 Oktober 2023 sampai dengan tanggal 17 Oktober 2028. 

Akreditasi adalah proses penilaian eksternal yang dilakukan oleh lembaga akreditasi untuk menilai kualitas dan standar suatu program studi. HMJ THP harus dapat mengambil peran untuk bersama-sama dengan civitas akademika lainnya mempertahankan peringkat akreditasi tersebut melalui berbagai kegiatan berbasis tridharma perguruan tinggi maupun kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler sesuai passion mahasiswa. Akreditasi menjamin bahwa program studi memenuhi standar kualitas pendidikan yang ditetapkan.

Selain berpartisipasi dalam proses evaluasi internal yang dilakukan oleh program studi untuk menilai kualitas dan kepatuhan terhadap standar akreditasi, HMJ dapat memberikan masukan dan umpan balik terkait proses pembelajaran, fasilitas, dan sumber daya lainnya.  HMJ mendorong budaya akademik yang positif di antara mahasiswa, maupun dosen seperti partisipasi aktif dalam pembelajaran, riset, dan kegiatan ekstrakurikuler.  Hal ini untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pencapaian standar akreditasi dan mempertahankannya. 

Struktur kepengurusan HMJ THP FPIK periode 2023-2024 ditetapkan dengan Keputusan Dekan FPIK Universitas Pattimura nomor: 169/UN13.1.7/SK/2023 tanggal 15 November 2023.  Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknologi Hasil Perikanan ini dilantik oleh Ketua Jurusan, Dr. M.R. Wenno, M.Si., pada hari Selasa, 28 November 2023.  Selanjutnya diikuti dengan penyerahan tanggung jawab dari ketua HMJ periode 2022-2023 kepada ketua HMJ periode 2023-2024 yang baru dilantik.  

Serah terima jabatan ketua HMJ PS THP FPIK UNPATTI (Dok. pribadi)

Rundown acara pelantikan HMJ THP FPIK UNPATTI antara lain pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Doa, Pembacaan Surat Keputusan, Pelantikan/Pengambilan Sumpah, Penandatanganan Berita Acara Pelantikann, Serah terima jabatan dari ketua HMJ periode 2022-2023, Sambutan ketua HMJ periode 2023-2024, sambutan Wakil Dekan Bidang Mahasiswa dan Alumni.  Selanjutnya sambutan Ketua Jurusan THP yang sekaligus membuka kegiatan Rapat Kerja HMJ THP periode 2023-2024.  Rapat Kerja, dilaksakanan dengan tema:  Menuju Mahasiswa Teknologi Hasil Perikanan yang Unggul: Berdaya Saing, berintegritas, dan Tangguh Menghadapi Tantangan Global".

Komposisi HMJ THP FPIK Universitas Pattimura periode 2023-2024 antara lain: Ketua Umum: Anggiolen Moniharapon, Sekretaris Umum: Dianatalia Zyanta Palijama, Bendahara: Nabila Wakang. Kepengurusan ini dilengkapi dengan enam (6) bidang yaitu bidang pengembangan pelatihan anggota, bidang keagamaan, bidang hubungan masyarakat, bidang minat dan bakat, bidang kewirausahaan, dan bidang komunikasi dan informasi. Setiap bidang dilengkapi ketua, sekretaris dan anggota. Dalam melaksanakan roda organisasi, mendapat pembinaan dan bimbingan dari pimpinan jurusan dan program studi serta dosen pembina. 

Himpunan mahasiswa Jurusan THP dalam rapat kerja merumuskan kegiatan-kegiatan sesuai bidang-bidang dalam struktur orgaisasi HMJ. Perumusan kegiatan yang dirancang akan dilaksanakan untuk pengembangan kreativitas, inovasi dan mengasah soft skill. 

Bebagai kegiatan yang dirancang dimaksudkan untuk berbagi pengalaman belajar mahasiswa dan memberikan perspektif unik terkait dengan kualitas program studi THP FPIK Universtas Pattimura.  HMJ THP FPIK akan memanfaatkan waktu hari Sabtu student day secara maksimal untuk berbagai program dan kegiatan yang telah ditetapkan yang bernilai poin.

Himpunan mahasiswa jurusan THP sebagai bagian penting dari Jurusan dan program studi THP FPIK Unpatti memiliki peran yang penting dalam mempertahankan status akreditasi program studi.  Keterlibatan HMJ THP FPIK Unpatti untuk turut mengawal peringkat akreditasi UNGGUL program studi THP dapat mendorong keterlibatan yang lebih luas dan memastikan bahwa pandangan dan pengalaman mahasiswa diakui sebagai bagian penting dari upaya menjaga kualitas program studi THP FPIK Unpatti. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline