Lihat ke Halaman Asli

Cacing Tembiluk Kuliner Khas Tana Tidung

Diperbarui: 9 November 2022   10:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.instagram@noerlela100.com

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak pulau dan keanekaragaman dalam hal budaya dan juga makanan, salah satunya ialah Pulau Kalimantan yang terletak di provinsi Kalimantan Utara, kabupaten Tana Tidung lebih tepat nya suku dayak bulusu yang memiliki makanan khas berupa hewan tembiluk.

www.instagram@noerlela100.com 

Tembiluk merupakan hewan yang hidup di sungai yang pasang surut dan ada didalam batang pohon yang sudah mati. Batang pohon mengendap di dasar sungai apabila sedang pasang sehingga untuk mendapatkannya harus menyelam, namun saat sungai sedang surut batang pohon lebih mudah didapat. Hal tersebut yang membuat tembiluk sulit ditemukan didaerah lain.

Dikenal sebagai kuliner yang ekstrim, tembiluk dapat dikonsumsi langsung setelah dikeluarkan dari batang pohon, memiliki bentuk seperti cacing besar dan tubuh yang licin membuat tampilan tembiluk terlihat tidak wajar untuk dijadikan sebagai hewan yang dapat dikonsumsi. 

"Suku Dayak bulusu memiliki makanan khas yakni tembiluk, namun tidak semua suku Dayak buluku menyukai tembiluk sehingga itu menjadi selera masing-masing. Dalam mengonsumsi tembiluk dapat dimakan mentah ataupun dimasak dengan cara di tumis maupun sayur bening" www.instagram@noerlela100.com




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline