Lihat ke Halaman Asli

Alfira WahyuT

Alfira Wahyu Triandari

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Bersama Forum Anak Angkasa Junior Desa Punten Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Bekas

Diperbarui: 1 Maret 2022   21:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Batu, PMM UMM 89 -- Dalam rangka kegiatan PMM (Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa) Mahasiswa UMM mengajak  Forum Anak Angkasa Junior Desa Punten untuk ikut berpartisipasi dalam program kegiatan KERTABOT (Kerajinan Tangan dari Botol) yang menggunakan bahan dasar berupa botol bekas guna mengisi waktu luang anak-anak di masa Pandemi Covid-19 ini.

Selain bertujuan untuk mengisi waktu luang yang dimiliki oleh anak-anak, program dari tujuan ini juga untuk mengurangi dan mengatasi adanya pencemaran atau kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh pembuangan sampah atau limbah plastik dimana mana.

Alfira Wahyu Triandari selaku kooridnator dari PMM Kelompok 89 Gelombang 2 Tahun 2022 mengatakan

"Dimasa Pandemi Covid-19 ini kegiatan anak sangatlah terbatas, yang membuat anak hanya dapat beraktivitas di rumah saja. Sehingga membuat kreativitas yang dimiliki anak semakin terpendam dan tidak berkembang. Maka dari itu, kami mengajak mereka untuk melakukan kegiatan yang asik dan bermanfaat"

dokpri

"Kerajinan yang dibuat yaitu Lampu tidur hias dari botol bekas yang nantinya akan dikreativitaskan oleh masing-masing anak, daur ulang sampah plastik dapat menjadi salah satu upaya untuk mengelola menggunakan plastik bekas agar dapat digunakan Kembali dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar" Pungkas Alfira

dokpri

Kegiatan ini sangat didukung penuh oleh Kepala Desa Punten, dengan memberikan edukasi yang bermanfaat bagi para Forum Anak Angkasa Junior Desa Punten yang nantinya kami harapkan program kegiatan tersebut di terapkan ke dalam program di Desa Punten.

Pada pelaksanaan kegiatan prakarya yang dirancang oleh mahasiswa UMM, kegiatan tersebut dilakukan di 3 sesi pelaksanaan. Pelaksanaan yang pertama kami melakukan kunjungan ke TPS di Dusun Payan Desa Punten dan memberikan materi edukasi tentang limbah plastik. Pelaksanaan yang kedua yaitu pembuatan lampu tidur dari botol bekas dan pada sesi ketiga dilaksanakan finishing dari kerajinan botol bekas itu tersebut.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline