Lihat ke Halaman Asli

Alfira Fembriant

TERVERIFIKASI

Instagram : @Alfira_2808

Tidak Gemar Membaca tetapi Bisa Juara Kelas, Ini Tips dari Saya

Diperbarui: 20 Mei 2021   04:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi belajar di kelas from Freepik

Terkadang saya bingung, saya yang tidak gemar membaca, tetapi bisa juara kelas. Saya juga tidak pernah belajar menjelang ujian sekolah atau perkuliahan, tetapi lulus dengan predikat Pujian (Cum Laude).

Beberapa di antara anda mungkin tidak percaya, menghayal, atau omong kosong. Tetapi bukan hanya anda, saya saja tidak percaya. Tapi baca juga di sini, saya sempat melampirkan ijazah perguruan tinggi saya dulu yang lulus dengan predikat tersebut.

Jikalau ini kebetulan atau keberuntungan, tetapi terjadi berulang kali yang membuat saya menyimpulkan ini bukan kebetulan yang membuat saya mendapatkan predikat juara bahkan beasiswa semasa sekolah. 

Juara kelas bagi sebagian orang masih menjadi idaman. Ada yang sampai belajar terus menerus, les privat di rumah, tidak pacaran semasa menempuh pendidikan, dan lain-lain. Sedangkan saya sebaliknya dari itu.

Saya pun tidak selalu juara kelas, tetapi dari SD, SMP, SMA, S1, S2, sering kali nama saya disebut tiga besar dalam pengambilan rapor atau pembagian KHS.

Hingga pada akhirnya saya menyadari bahwa kunci utamanya adalah kita wajib paham mata pelajaran/kuliah itu di luar kepala, bukan hanya hafal teori yang ada di buku belaka.

Berikut beberapa tips sederhana menjadi juara kelas ala saya yang tidak gemar membaca:

* KNOWLEDGE

1. Serius mendengarkan penjelasan dari guru atau dosen di kelas

Hal utama yang saya lakukan karena malas membaca adalah serius mendengarkan penjelasan dari guru/dosen di kelas. Karena menurut saya yang penting adalah paham dan mengerti yang dimaksud dalam setiap  mata pelajaran/kuliah yang diajarkan.

2. Jangan malu bertanya (Aktif di kelas)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline