Lihat ke Halaman Asli

Alfira Fembriant

TERVERIFIKASI

Instagram : @Alfira_2808

Jangan Lupakan Analisis "SWOT" Wahai Para Pengusaha (UMKM)

Diperbarui: 30 Agustus 2021   06:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi gambar from Pixabay

Kerja, kena PHK, diberi pesangon, buka Toko

Terkadang saya bingung, kenapa sih orang-orang ketika dapat pesangon dari tempat kerjanya mayoritas selalu buka toko?

Ok, itu pilihan.

Namun jika ingin membuka suatu usaha baru, jangan sampai melupakan Analisis SWOT, karena itu penting bagi wiraswasta.

Ketika saya membaca tentang topik ini, kebanyakan kompasianer lainnya sudah berbagi mengenai menjadi konsumen untuk membantu UMKM.

Sehingga kali ini saya ingin berbagi atau memposisikan diri sebagai pengusaha (pelaku UMKM) tersebut apa saja yang perlu dilakukan menggunakan Analisis SWOT. 

Apa sih, Analisis SWOT?

Ilustrasi gambar from Freepik


SWOT ini adalah suatu strategi yang penting untuk dilaksanakan dalam meningkatkan kualitas bisnis. Salah satu strategi yang menjadi topik hangat di analisis ini adalah strategi pemasaran.

Jika anda tidak memakai analisis ini dengan tepat, alhasil anda akan merugi dikarenakan bisnis anda yang tidak melaju dengan baik.

SWOT itu kepanjangan dari S (Strength), W (Weakness), O (Oppurtunity), T (Threats).

Yang artinya S (Kekuatan), W (Kelemahan), O (Peluang), T (Ancaman).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline