Lihat ke Halaman Asli

Alfira Fembriant

TERVERIFIKASI

Instagram : @Alfira_2808

Kisah Perjuangan Ibunda Tetap Semangat dari Diabetes

Diperbarui: 17 November 2020   09:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi (Gambar: Pixabay.com)

Ibu menderita Diabetes sejak usianya 43 tahun dan sekarang ibu sudah berusia 53 tahun. Sudah sekitar 10 tahun beliau menderita penyakit ini.

Bagi beliau, penyakit ini adalah kiamat kecil, hal itu dikarenakan Diabetes ini adalah penyakit kronis. Dikatakan kronis karena berulang. Diabetes juga tidak bisa disembuhkan, melainkan hanya bisa dikontrol secara rutin setiap harinya dengan obat-obatan dan gaya hidup sehat.

Awal mula beliau mengetahui positif Diabetes, beliau menangis dan hampir pingsan. Namun setiap akibat, pasti ada sebab. 

Nah, beliau dulu memang suka konsumsi makanan manis. Hampir setiap hari membuat berbagai macam kolak dengan takaran gula yang banyak.

Jika makan kolak yang manis tersebut satu sampai dua hari saja, mungkin tidak akan ada efek berarti. Sedangkan beliau dulu konsumsi kolak yang manis hampir setiap hari dalam jumlah banyak. 

Alhasil ketika ada keluhan tertentu dan periksa ke dokter ternyata positif Diabetes. Sejak saat itu lah perjalanan kehidupan baru Ibu di mulai.

Di luar faktor keturunan, seseorang lainnya paling rawan menderita diabetes ketika usianya menginjak 40 tahun lebih. Maka sebenarnya penting menjaga kesehatan dengan betul pada usia-usia ini.

Diabetes itu tidak langsung terdeteksi positif dalam kurun waktu tertentu. Namun penyakit tersebut terdeteksi perlahan dan melalui beberapa fase terlebih dahulu.

Ketika terlanjur konsumsi banyak gula, awalnya tubuh kita akan memberi sinyal yaitu timbunan lemak yang mulai terlihat gemukan atau BB (berat badan) naik drastis. 

Ada suatu fase di mana tubuh kita akan pada puncak kegemukannya pada usia tertentu. Saat itulah sebenarnya anda sudah berpeluang diabetes.

Awalnya Anda akan sangat gemuk dari sebelumnya, kemudian pelan tapi pasti tiba-tiba BB Anda turun dengan drastis juga. Dari yang sangat gemuk kemudian berubah menjadi sangat kurus.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline