Lihat ke Halaman Asli

Alfira Fembriant

TERVERIFIKASI

Instagram : @Alfira_2808

Apa Kabar Musik Pop Indonesia di 2020?

Diperbarui: 20 Oktober 2020   02:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Document Pribadi : @Alfira_2808

Tren musik Pop Indonesia setiap tahunnya berubah-ubah. Jika dulu sekitar tahun 2000-an tren musiknya Pop Melayu, 2011 ke atas munculnya boy & girlband, dan untuk tahun 2020 ini pop melayu juga masih digandrungi, namun perilisan lagu pop indo dari segi music lainnya juga ada sentuhan  EDM, Hip Hop, R&B. Seperti G.A.C, RAN, Marion Jola, One Million Stars, dll.

Tren music yang terbaru sih dan mungkin akan berkembang dari tahun 2020 ini ke tahun berikutnya adalah Pop Indonesia yang berbahasa Daerah. Seperti lagu yang sempat viral yaitu Karna Su Sayang - Near & Dian Sorowea (Indonesia timur), kemudian Yowis Ben - Gak iso turu, gandolane ati (Pop Jawa), dll.

Tahun 2020 Pop Indonesia juga banyak atau didominasi perilisan lagu lewat jalur indie. Dikatakan indie karena tidak merekam atau bekerja sama dengan label music besar di jakarta seperti Universal Music, Sony Music, Warner Music, Musica Studio, dll.

Meskipun tidak bekerja sama dengan label-label musik besar Tanah Air, namun jika karyanya bagus pasti bisa atau dapat sampai ke hati para pendengarnya. Penyanyi jalur indie yang cukup sukses adalah Fourtwnty, Fiersa Besari, Payung Teduh dan masih banyak lagi lainnya.

Jikalau dilihat dari segi banyaknya request lagu-lagu di Radio maupun Platform digital di Indonesia, lagu yang bertemakan tentang Cinta dan Kegalauan masih menjadi Primadona penikmat musik karya anak bangsa.

Terbukti banyaknya Chart Top Request Radio dan Platform Digital, mayoritas yang berhasil menyerobot masuk ke chart adalah lagu-lagu yang middle low dan temanya melulu soal cinta.

Contoh judul lagu yang populer tahun ini:

  • Pura pura lupa - Mahen
  • Maafkan aku terlanjur mencinta - Tiara Andini
  • Cinta Karena Cinta - Judika
  • Ditinggal Pas sayang-sayangnya - Nazia Marwiana, dll.

Tapi semua itu dipilih penikmat pop indonesia karena faktor perilisan lagu baru yang mereka dapatkan dari para penyanyi atau label music, memilih untuk merilis lagu-lagu bertemakan cinta dan kegalauan.

Label music pastinya merilis lagu sesuai dengan survey atau permintaan pasar kemana. Jika permintaan pasar masyarakat Indonesia lebih suka lagu-lagu yang galau, mau tidak mau yang berpeluang untuk mendapatkan keuntungan, alias ketika dijual laku lah yang dipilih untuk dirilis yaitu tema tentang cinta dan kegalauan.

Selain tema percintaan, sebenarnya ada juga tema lagu Pop Indonesia yang bagus dirilis tahun ini seperti:

  • Cokelat ft AIU Ratna - Anak Garuda (New Version) pada September 2020.
  • Iwa K ft Ipang Lazuardi - Kata Siapa, dirilis Juli 2020.

Dua lagu yang disebutkan ini recommended, namun kurang mendapatkan perhatian dari penikmat musik indonesia. Sehingga posisi lagu-lagu tersebut tidak sesukses lagu galau lainnya yang bertemakan percintaan pada pasangan dan patah hati.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline