Pembelajaran cerita sejarah merupakan salah satu materi yang diajarkan pada siswa sekolah menengah atas. Pembelajaran ini sering mengalami kendala karena materinya membosankan. Hal inilah yang menjadi dasar penulis untuk membuat media alternatif untuk peserta didik. Adanya inovasi media yang digunakan diharapkan meningkatkan minat belajar siswa.
Dewasa ini perkembangan pemanfaatan teknologi informasi berlangsung dengan pesat, ditandai dengan adanya upaya perwujudan pembelajaran yang modern dengan penyampaian materi menggunakan media digital, sehingga media digital menjadi salah satu komponen penting dalam pembelajaran. Proses pendidikan yang memanfaatkan teknologi digital saat ini sudah banyak berkembang, selaras saat dunia dilanda pandemi Covid-19 yang memaksa siswa untuk melakukan proses belajar di rumah. Dengan demikian, peran teknologi dalam kepentingan peningkatan layanan dan kulaitas pendidikan sangat krusial.
Pada proses pembelajaran daring peran guru sebagai penentu keberhasilan proses belajar-mengajar ditentukan oleh ilmu pengetahuan dan teknologi dalam proses pemberian materi kepada siswa. Namun, dari data penelitian tentang penyampaian materi e-learning menunjukkan bahwa tidak semua siswa dapat berhasil dalam pembelajaran daring.
Data dari penelitian lain juga menunjukkan bahwa kendala keberhasilan pembelajaran daring antara lain interaksi guru yang kurang memadai, pemahaman materi yang kurang baik yang diberikan oleh siswa, kurangnya persiapan orang tua untuk membimbing anaknya, dan kemampuan orang tua yang tidak memadai dalam menyediakan sarana pembelajaran daring. Maka diperlukanlah aplikasi penunjang pembelajaran.
Discord adalah aplikasi yang biasanya digunakan para gamers dalam berkomunikasi. Discord dapat digunakan dalam sistem berbasis windows, iOS, Android, Linux, bahkan Mac. Aplikasi discord memiliki berbagai fasilitas untuk berkomunikasi yang tidak dimiliki oleh aplikasi lain. Salah satunya fitur untuk berkomunikasi layaknya telepon.
Fitur ini memungkinkan pendidik untuk menyampaikan materi secara leluasa kepada peserta didik. Discord juga memungkinkan penggunanya untuk saling mengirim chat, gambar, audio, video, bahkan hingga share screen. Discord memiliki beberapa fitur, di antaranya server, channel (kanal), panggilan video dan streaming.
Fitur server berguna untuk memudahkan pengguna membuat server gratis dan mengelola visibilitas publik. Pengguna juga dapat membuat satu atau lebih saluran dalam server tersebut. Selanjutnya fitur channel berfungsi untuk melakukan obrolan dan streaming suara, pesan instan, atau berbagi file. Sedangkan fitur panggilan video dan streaming memungkinkan pengguna untuk membuat panggilan video pribadi.
Discord dapat dicari dengan mudah di Google Play store dan App Store atau mengunduhnya untuk perangkat komputer kamu di laman resminya discord.com. Discord menjamin keamanan setiap orang yang menggunakannya. Server yang dimilikinya telah terenkripsi, sehingga setiap pesan yang masuk dari alamat IP masing-masing bakal terjamin keamanannya.
Penerapan aplikasi discord dalam pembelajaran bahasa Indonesia yakni dimulai dengan pembuatan akun oleh guru dan masing-masing siswa agar nantinya bisa masuk ke dalam grup yang telah dibuat. Link tautan untuk masuk ke dalam grup hanya berlaku selama 24 saja. Pada bagian Informasi, dapat ditambahkan Thhreads (#).
Pada setiap Threads kita bisa memisahkan informasi yang berbeda sesuai kategori. Misalnya Threads yang kita beri judul "Welcome and Rules" berisikan tentang sambutan telah bergabung dalam grup discord dan aturan-aturan di grup dicord. Selanjutnya bagian yang diberi judul "Kompetensi Dasar KD" berisikan kompetensi dasar yang akan digunakan guru dalam pembelajaran. Selanjutnya pada Threads yang diberi judul "Indikator Pencapaian Kompetensi" berisikan kompetensi apa saja yang harus dicapai oleh siswa.
Pada materi pembelajaran, discord menyediakan Text Channels. Dalam Teks Channel ini dibagi menjadi 2 Threads yang diberi judul "Pembelajaran 1" dan "Pembelajaran 2". Pada pembelajaran 1, dibagi lagi menjadi beberapa sub Thread dengan judul yang berbeda-beda, antara lain : Tujuan Pembelajaran, Pengertian Teks Cerita Sejarah, Struktur Teks Cerita Sejarah, Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Sejarah, dan Jenis Teks Cerita sejarah.