Kini menggunakan jasa kereta api semakin mudah dan murah. Pengguna jasa kereta api jarak jauh dapat melakukan reservasi tiket yang tidak harus dilakukan secara langsung pada hari keberangkatan. Namun anda dapat melakukan reservasi terlebih dahulu hingga 3 bulan sebelum keberangkatan. Selain itu pemesanan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Cara-cara berikut dapat digunakan untuk pemesanan tiket kelas ekonomi, bisnis maupun eksekutif. Cara pertama yaitu dengan datang langsung ke loket di stasiun kereta api, melakukan pemesanan secara manual. Namun dengan cara tersebut anda harus bersabar mengantri.
Cara lain untuk pemesanan on the spot selain memesan langsung di loket, anda dapat mencetak tiket secara mandiri. Mencetak tiket dengan mesin cetak tiket mandiri lebih efisien waktu dan bisa lebih murah. Mesin ini merupakan hasil dari kerjasama antara PT. Kereta Api Indonesia dengan PT. Telkom Indonesia. Mesin cetak tiket mandiri ini sudah diluncurkan tahun-tahun lalu. Namun sampai saat ini banyak penumpang yang masih memilih mengantri di loket dengan sebab masih gagap teknologi, maksudnya mereka belum paham cara menggunakannya dan menganggap mesin ini susah digunakan. Padahal pada praktiknya mesin ini sangat ramah. Anda hanya perlu memasukkan nama, nomer telepon dan nomer identitas anda. Setelah itu anda masukkan nama stasiun keberangkatan, stasiun tujuan serta tanggal keberangkatan anda. Maka akan tampil nama-nama kereta api yang dapat anda gunakan, waktu keberangkatan, tarif serta kursi yang masih tersedia. Jika anda melakukan cetak tiket mandiri dan booking 2 kursi atau lebih, anda akan mendapakan diskon Rp 7.500 dan berlaku kelipatannya.
Jika jarak stasiun dengan rumah anda jauh, PT. KAI juga menyediakan Loket Mitra dengan menggunakan Railcard dan Railbox. Railcard adalah kartu prepaid sebagai alat pembayaran pengganti uang. Kartu ini bisa anda peroleh di kantor-kantor cabang BNI atau dari customer service di stasiun KAI. Setiap penggunaan Railcard anda akan mendapatkan point reward. Point ini dapat ditukarkan dengan tiket gratis. Rail card ini digunakan di Railbox. Railbox adalah mesin penjualan tiket kereta api yang dapat kita temukan di stasiun-stasiun besar, mall-mall besar atau tempat-tempat lain yang telah ditentukan oleh PT. KAI.
Anda dapat pula melakukan reservasi tiket di Alfamart, Indomaret. Selain itu POS INDONESIA juga menyediakan layanan penjualan tiket. Pemesanan dan pembelian tiket KA melalui Loket Kantor POS, dengan datang ke kantor POS terdekat.
Jika anda tidak sempat untuk berpergian ke loket mitra, anda dapat melakukan reservasi tiket tanpa perlu datang langsung. Internet telah menjawab. Yaa .. pemesanan tiket secara online. Pemesanan tiket secara online dapat dilakukan melalui web www.tiket.kereta-api.co.id . BRI juga turut serta memperluas jaringan penjualan tiket dengan Payment Point Online Bank (PPOB) BRI – Delaprasta. Ada lagi Payment Point Online Bank FASTPAY anda dapat melakukan pemesanan di loket-loket fastpay www.fastpay.co.id . Anda dapat pula melakukan pembayaran tiket kereta secara mobile melalui aplikasi reservasi yang dapat didownload melalui smartphone di www.paditrain.com/portal/download.php .
Kecanggihan teknologi semakin dapat anda rasakan. Dengan cara-cara tersebut anda dapat melakukan perjalanan menggunakan jasa kereta api dengan reservasi yang mudah. Kini anda tau cara yang lebih efisien dalam pemesanan tiket kereta api tanpa harus datang langsung ke stasiun dan mengantri di depan loket namun anda dapat melakukan reservasi melalui loket mitra atau secara online kapanpun dan dimanapun.
Sumber : Bagian Informasi Stasiun Tugu
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H