Lihat ke Halaman Asli

Toleransi Beragama

Diperbarui: 17 Juni 2022   18:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Indonesia adalah negara yang banyak mempunyai keberagaman antara lain yaitu suku, ras, budaya, bahasa, agama, dan banyak lainnya. Keberagaman ini adalah asset negara Indonesia yang wajib kita jaga dan di rawat bersama.

Keberagaman itu kita harus bisa saling menghormati dan menghargai. Pentingnya menerapkan prinsip-prinsip kemerdekaan dan kebebasan untuk menumbuhkan sikap toleransi, saling menghormati antar pemeluk agama yang berbeda dengan latar belakang sosial-budaya yang berbeda.

Menurut hal tersebut kita sebagai warga Indonesia bisa menumbuhkan rasa kesatuan dan persatuan. Dalam semboyan kita yaitu Bhineka Tunggal Ika mempunyai makna yang sesuai dengan keberagaman Indonesia yaitu walaupun berbeda beda tetapi tetap satu. Menurut saya itu bisa dijadikan dasaran yang kuat untuk tidak saling menghancurkan satu sama lain.

Terdapat juga pada sila pertama  yang berbunyi ". Ketuhanan yang maha esa", yang mengajarkan kita untuk saling menghormati, menghargai, dan bertoleransi antar masyarakat yang berbeda keyakinan. Oleh kerena itu kita harus selalu mengamalkan nilai-nilai pancasila tersebut. 

Bukan hanya itu, Undang Undang Dasar 1945 juga telah mengatur tentang toleransi antar umat beragama, terdapat pada pasal 29 ayat 1 dan 2.

Tetapi bagaimana Islam itu mengkiaskan semboyan kita..? Banyak dalil yang bisa di kiaskan dengan semboyan kita yaitu dalam (QS Al-hujurat ayat 10)  

اِنَّمَاالْمؤْمِنُوْنَ اِخْوَةٌ فَاَصْلِحُوْا بَيْنَ اَخَوَيْكُمْ اتَّقُوا اللهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ (١٠)

Disebutkan orang-orang beriman itu " Sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat."

 Dan dalam (QS al-maidah ayat 2)

وَلاَ تَعَاوَنُوا عَلىَ الْاِثْمِ وَلْعُدْوَانِ " وَاتَّقُوا الله " اِنَّ الله شَدِيْدُ الْعِقَابِ (٢)

"Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya."

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline