Lihat ke Halaman Asli

Alfin Jauharoh

universitas negeri sunan ampel surabaya

Model Evaluasi Pembelajaran di TK Zainuddin Sidoarjo

Diperbarui: 27 Desember 2022   12:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

pasti kalian sudah tidak asing ketika mendengar kata evaluasi kan?

Nah Evaluasi adalah suatu kegiatan mengumpulkan informasi mengenai kinerja sesuatu (metode, manusia, peralatan), dimana informasi tersebut akan dipakai untuk menentukan alternatif terbaik dalam membuat keputusan.

Evaluasi merupakan pengukuran atau perbaikan dalam suatu kegiatan yang dilaksanakan, seperti membandingkan hasil-hasil kegiatan yang telah direncanakan. Dari situlah tujuan evaluasi tersebut, agar rencana-rencana yang telah dibuat dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan dan dapat terselenggarakan. Dapat diartikan juga bahwa hasil evaluasi itu sendiri dimaksudkan untuk perencanaan kembali lalu berfungsi sebagai administrasi dan fungsi manajemen yang terakhir yaitu mengkombinasikan dan mengumpulkan data dengan standar yang sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai.

Model evaluasi adalah suatu model desain evaluasi yang dibuat oleh ahli-ahli atau pakar-pakar evaluasi yang biasanya dinamakan sama dengan pembuatnya atau tahap pembuatannya (Taypnapis, 1989 : 10). Model-model ini dianggap model standar atau dapat dikatakan merek standar dari pembuatnya.

salah satu sekolah yang dapat diwawancarai yakni Taman kanak-kanak Zainuddin Sidoarjo. Dengan alasan melakukan evaluasi wawancara di tk zainuddin ini untuk mengetahui bagaimana mengelola kegiatan pembelajaran sehingga dapat mengetahui kemampuan yang dimiliki peserta didik, ketepatan metode yang digunakan, dan keberhasilan peserta didik dalam meraih kompetensi yang telah ditetapkan.

Tujuan wawancara ini adalah untuk memperoleh informasi secara langsung di tk zainuddin guna memperoleh penjelasan dari suatu hal atau situasi dan kondisi tertentu di sekolah dan untuk memperoleh data yang benar di tk tersebut.

Jenis"  evaluasi  pada pembelajaran anak usia dini ada berbagai macam , di antaranya pengamatan (observasi), wawancara, sosiometri, catatan anekdot, pemeriksaan medis, portofolio , unjuk kerja, kunjungan rumah, penugasan,

Dari jenis evaluasi di atas ada beberapa yang di implementasikan langsung di sekolah zainuddin seperti:

1. Observasi

Evaluasi ini di lakukan oleh guru dengan mengamati peserta didik untuk mendapat informasi terkait perkembangan dan masalah pada anak jadi pada observasi ini juga masuk kedalam penilaian

2. Wawancara

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline