Lihat ke Halaman Asli

Alfin Jauharoh

universitas negeri sunan ampel surabaya

Macam-macam Aspek dalam Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini

Diperbarui: 14 November 2022   15:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Passti kalian sudah tidak asing ketika mendengar kata evaluasi ?

Evaluasi ialah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan tingkat pencapaian perkembangan anak. Evaluasi proses dan hasil belajar menggunakan model bermain di PAUD disesuaikan dengan indikator pencapaian perkembangan anak dan mengacu pada standar penilaian.Evaluasi pada pendidikan PAUD berbeda dengan model evaluasi pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Evaluasi pada anak usia dini menurut Iswantiningtyas dan Wulansari dilakukan dengan mengadakan suatu pengamatan, pencatatan kegiatan dan dokumentasi tentang kegiatan anak. Evaluasi bukan hanya digunakan dalam mengukur keberhasilan suatu program, tetapi  juga digunakan untuk memantau kemajuan dan perkembangan anak. Pelaksanaan evaluasi pada anak usia dini dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan sehingga kemajuan belajar dan perkembangannya dapat diketahui.

Evaluasi bertujuan untuk mengetahui tercapai atau tidaknya pertumbuhan dan perkembangan yang telah ditetapkan dalam rancangan kegiatan pelaksanaan.

Adapun tujuan evaluasi dalam kaitannya dengan belajar mengajar diantaranya:

Menilai ketercapaian tujuan

Mengukur maca-macam aspek belajar yang bervarisi

Sebagai sarana untuk mengetahui apa yang ingin di ketahui oleh siswa  

Memotivasi belajar siswa

Menyediakan infdormasi untuk tujuan pembelajaran dan konseling

Menyediakan evaluasi sebagai dasar perubahan kurikulum.

Prinsip-prinsip evaluasi pembelajaran antara lain:penyuluhan,kesinambungan,berorientasi pada tujuan,objektif,terbuka,bermakna,mendidik dan sesuai kurikulum.prosedur evaluasi pembelajaran pendidikan anak usia dini dalam kegiatan evaluasi di lembaga paud dilaksanakan sela ma proses belajar mengajar berlangsung. Dalam pelaksanaannya, guru tidak harus secara khusus membuat kegiatan untuk melakukan kegiatan evaluasi secara tersendiri. Saat kegiatan belajar mengajar atau permainan berlangsung guru dapat melaksanakan kegiatan mengajar sekaligus mengevaluasi. Karena, kedua kegiatan ini dapat berjalan bersamaan. Dengan kata lain secara langsung maupun tidak langsung guru dapat melakukan evaluasi setiap hari, setelah kegiatan pembelajaran dan permainan selesai.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline