Perlu kita ketahui bersama mengenai pentingnya sebuah pemasaran didalam dunia bisnis adalah untuk mengenalkan bisnis yang kita miliki kepada masyarakat luas sehingga bisnis menjadi lebih dikenal dan semakin sukses, dapat membantu menghubungkan kegiatan produksi dan konsumsi oleh konsumen serta masyarakat, serta membantu para konsumen mengetahui produk apa yang ditawarkan perusahaan sehingga perusahaan dapat memberikan layanan penjualan yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.Lalu tidak terlepas dari pembahasan ruang lingkup pemasaran yaitu yang mencakup semua kegiatan yang terkait dengan produk atau jasa yang ditawarkan oleh suatu bisnis atau perusahaan.Ruang lingkup pemasaran mencakup beberapa aspek penting seperti konsep pemasaran,target pasar, bauran pemasaran dan strategi pemasaran.Serta dalam ruang lingkup pemasaran perusahaan juga harus memperhatikan aspek-aspek lain seperti etika masyarakat hukum pemasaran dan lingkungan pemasaran agar produk atau jasa ditawarkan dapat diterima dengan baik oleh konsumen.
Lanjut pada pembahasan konsep-konsep dasar dalam pemasaran yaitu yang pertama produksi :Konsep ini memiliki asumsi bahwa konsumen akan menyukai produk yang memiliki harga murah dan tersedia dalam jumlah yang banyak Konsep ini akan membuat bisnis dan fokus terhadap proses produksi dan juga distribusi ,lalu konsep produk merupakan konsep dengan asumsi bahwa konsumen akan menyukai produk yang berkualitas berguna dan memiliki fitur yang bermanfaat.Konsep ini perlu fokus terhadap kualitas produk dan memenuhi permintaan konsumen.Lanjut pada konsep penjualan yaitu konsep yang memfokuskan kepada melakukan penjualan dan promosi dalam skala besar Konsep ini mengharuskan pelaku bisnis untuk memikirkan cara promosi terbaik dalam rangka menarik konsumen.Dan yang keempat yaitu konsep pemasaran.Konsep pemasaran adalah konsep yang akan menempatkan konsumen sebagai fokus utama mereka. Mereka percaya bahwa dengan berfokus kepada kebutuhan dan keinginan target market maka perusahaan bisa memberikan volume yang lebih baik.Dan konsep yang terakhir yaitu konsep pemasaran sosial.Yaitu konsep pemasaran yang bisa mendatangkan keuntungan sekaligus berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan dan mengedepankan keseimbangan alam.
Lalu didalam manajemen perusahaan sering terjadi berbagai perubahan dari tahun ketahun. Manajemen Pemasaran berubah pada beberapa tahun belakangan ini dimulai dengan munculnya teknologi dan globalisasi yang mengakibatkan terjadinya transisi hubungan dengan apa yang paling bermanfaat tidak hanya bagi perusahaan tetapi juga konsumen dimulai dengan kemajuan teknologi untuk pemasaran riset pemasaran dan yang lebih baik globalisasi dan 4P pemasaran.
Dan tidak lupa pula tugas-tugas yang perlu dilakukan dalam melakukan pemasaran ialah menganalisis peluang pasar, perencanaan kegiatan pemasaran, menyelenggaraan kegiatan pemasaran, mengkoordinasi dan memotivasi karyawan,mengevaluasi dan yang terakhir adalah mengontrol aktivitas pemasaran.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H