Lihat ke Halaman Asli

Alfina Salsabila

Mahasiswa PPG Gelombang 2 Tahun 2024

Topik 6 Aksi Nyata Perspektif Sosiokultural

Diperbarui: 28 November 2024   22:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia 

T6-8. Aksi Nyata

  • Mulai dari Diri

Apa yang anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Jawab: Topik ini akan mempelajari tentang isu-isu penyelenggaraan scaffolding pada ZPD dalam penyelenggaraan pendidikan di Indonesia, serta bagaimana faktor-faktor tersebut mempengaruhi proses pembelajaran peserta didik di sekolah.

  • Eksplorasi Konsep

Apa yang anda pelajari dari konsep yang anda pelajari dalam topik ini?

Jawab: Saya dapat mengaitkan dan menyimpulkan isu-isu terkait pendekatan, strategi, metode, materi, dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai scaffolding pada ZPD dalam penyelenggaraan pendidikan di Indonesia. Guru harus menciptakan pembelajaran yang berpihak kepada peserta didik berdasarkan pemahaman dan kebutuhan yang berbeda melalui pembelajaran dengan scaffolding pada ZPD.

  • Ruang Kolaborasi

Apa yang anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan anda dalam ruang kolaborasi?

Jawab: Saya bersama dengan anggota kelompok melakukan refleksi terhadap tantangan penerapan scaffolding pada ZPD dalam proses pembelajaran. Masing-masing menuliskan mengenai pandangan kami tentang rencana pembelajaran yang diimplementasikan dalam praktik mengajar di kelas berdasarkan isu-isu penyelenggaraan scaffolding pada ZPD dalam penyelenggaraan pendidikan di Indonesia. Saya bersama anggota kelompok mempelajari tentang karakteristik dan perbedaan sosiokultural setiap peserta didik untuk dapat membuat rancangan pembelajaran dengan menerapkan strategi scaffolding. Kelompok kami juga memastikan bahwa pembelajaran yang diterapkan dapat memahami karakteristik dan kebutuhan peserta didik dengan memberikan motivasi dalam belajar kepada peserta didik. Selain itu, kami juga mendiskusikan tentang persamaan dan perbedaan pendapat yang kami tuangkan.

  • Demonstrasi Kontekstual

Apa hal penting yang anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang anda jalani bersama kelompok (bias tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Jawab: Hal penting yang saya pelajari pada demonstrasi kontekstual adalah menyampaikan pemahaman masing-masing anggota kelompok tentang kesiapan pendidik dalam mengajar dengan memperhatikan isu-isu penyelenggaraan scaffolding pada ZPD dalam penyelenggaraan pendidikan di Indonesia. Kami juga menyampaikan pandangan tentang persamaan dan perbedaan terhadap isu-isu yang sering ditemukan dalam dunia pendidikan selama mengajar maupun ketika melakukan praktik mengajar.

  • Elaborasi Pemahaman

Sejauh ini, apa yang sudah anda pahami tentang topik ini? Apa hal baru yang anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai? Apa yang ingin anda pelajari lebih lanjut?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline