Lihat ke Halaman Asli

Alfina Sahbudi

Universitas Pendidikan Indonesia

Mahasiswa KKN Tematik UPI 2022 ajak Masyarakat Ikut Serta dalam Kegiatan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022 bersama Posyandu dan Puskesmas

Diperbarui: 5 Agustus 2022   12:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Penulis : Alfina Sahbudi

Sistem imun yang baik sangat penting bagi bayi dan balita. Sistem imun yang baik akan mengalahkan bakteri jahat dan penyakit. Pasalnya, bayi dan balita kekebalan tubuhnya tidak sama seperti orang dewasa. Bagaimana jika bayi dan balita tidak mempunyai sistem imun yang baik? Maka bayi dan balita akan mudah terserang penyakit akibat daya tahan tubuhnya yang lemah. 

dokpri

Setelah problematika COVID-19 dan mengejar cakupan imunisasi yang menurun, Pemerintah beserta jajaran Kementrian Kesehatan Republik Indonesia menyelenggarakan Program BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional) 2022 sebagai langkah awal penanggulangan penyakit dengan target sasaran anak usia 9 - 59 bulan. Bulan Imunisasi Nasional merupakan pemberian imunisasi tambahan Campak-Rubella serta melengkapi dosis Imunisasi Polio dan DPT-HB-Hib yang terlewat. Program ini terbagi menjadi dua tahap yaitu  Tahap 1 pada Bulan Mei Tahun 2022 untuk daerah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. Kemudian Tahap 2 pada Bulan Agustus Tahun 2022 untuk daerah Jawa dan Bali. 

dokpri

Mahasiswa KKN Tematik UPI mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam program Bulan Imunisasi Anak Nasional bagi bayi dan balita agar masyarakat sadar akan pentingnya kesehatan dalam pencegahan suatu penyakit bagi bayi dan balita dimasa yang akan datang. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Alfina Sahbudi (21) dan Dede Sulastri (20) bersama dengan Posyandu Melati RW.01 Kelurahan Sriwidari Kota Sukabumi beserta Puskesmas Cipelang pada Rabu, 03 Agustus 2022. 

dokpri

Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk partisipasi mahasiwa, salah satunya mengajak masyarakat secara langsung seperti mendatangi rumah warga, tak hanya itu mahasiwa membantu membuat poster dan Infografis BIAN 2022  sebagai sumber informasi secara tersirat yang bisa diperoleh oleh warga dengan bantuan ibu kader Posyandu. Program ini dihadiri oleh sejumlah pejabat diantaranya Bapak Lurah Kelurahan Sriwidari beserta jajarannya dan sejumlah pejabat dari Kecamatan Gunung Puyuh sebagai pendamping dalam pelaksanaan program Bulan Imunisasi Anak Nasional 2022.

dokpri

Manfaat Program Bulan Imunisasi Anak Nasional 2022 terbukti dapat memberikan perlindungan bagi bayi dan balita dari berbagai macam bakteri jahat dan penyakit yang menyerang melalui imunisasi atau vaksin seperti campak, rubella, polio, tetanus dan difteri. Pelaksanaan Program Bulan Imunisasi Anak Nasional di Posyandu Melati mempunyai sasaran dengan jumlah 33 anak. Program tersebut terlaksana dengan baik walaupun tidak memenuhi jumlah sasaran yang ditentukan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline