Lihat ke Halaman Asli

Pengaruh Perilaku Orangtua Terhadap Perilaku Anak

Diperbarui: 8 Juni 2024   07:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar. Orang Tua Mendidik Anaknya.Jaktim.pks.id/ar

Perilaku merupakan sesuatu yang nampak diamati, seperti berupa perbuatan atau sikap, dan perkataan seseorang. Pada umumnya perilaku merupakan hasil dari proses pembelajaran melalui modelling, pengamatan, pengaruh media, atau pola asuh. Perilaku juga tidak lepas dipengaruhi oleh keadaan kondisi lingkungan. Perilaku lebih menunjukkan ke karakter sesorang tersebut, seperti halnya di lingkungan keluarga antara orang tua dengan anak. 

Setiap gerak gerik perilaku orang tua sangat berpengaruh kepada si anak tersebut. Dikarenakan orang tua adalah guru pertama bagi anak-anak dirumah lebih utamanya kepada seorang ibu yang disebut madrasatul ula yang artinya sekolah utama atau pendidikan utama, ibu sebagai pendidikan paling utama bagi anak- anaknya. Contohnya, ketika orang tua mengucapkan perkataan kasar dhadapan seorang anak, maka secara tidak langsung anak tersebut menangkap apa perkataan kasar yang keluar dari omongan orang tuanya tersebut. Dikarenakan daya tangkap dan daya ingatan seorang anak sangat kuat.

Oleh karena itu, sebagai orang tua yang menjadi tuntunan untuk anak-anaknya harus berhati-hati dalam berperilaku dalam hal, perbuatan atau sikap, dan perkataannya. Selain itu, sebagai orang tua mempunyai tugas kepada anak untuk membimbing atau mendidik anak dengan baik, agar anak kelak menjadi pribadi yang baik sesuai dengan harapan para orang tua.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline