Lihat ke Halaman Asli

Lina Alfina Rahmawati

Mahasiswa Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Manfaat Limbah Air Buangan AC sebagai Media Hidroponik Sederhana dalam Mendukung Progam Smart Green Campus di Uin Walisongo Semarang

Diperbarui: 31 Oktober 2022   20:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Doc Pribadi (2022)

Green campus didefinisikan sebagai kampus yang berwawasan lingkungan, yaitu yang mengintegrasikan ilmu pengetahuan lingkungan ke dalam kebijakan, manajemen dan kegiatan tridharma perguruan tinggi. Program Green Campus dilatar belakangi antara lain bahwa lingkungan kampus diharapkan harus merupakan tempat yang nyaman, bersih, teduh (hijau), indah dan sehat. 

Green Campus dalam konteks pelestarian lingkungan bukan hanya suatu lingkungan kampus yang dipenuhi dengan pepohonan yang hijau ataupun kampus yang dipenuhi oleh cat hijau, ataupun berangkali karena kebetulan jaket Almamater berwarna hijau, namun lebih jauh dari itu makna yang terkandung Green Campus adalah sejauh mana warga kampus dapat memanfaatkan sumber daya yang ada di lingkungan kampus secara efektif dan efesien misalnya dalam pemanfaatan kertas, alat tulis menulis, penggunaan listrik, air, lahan, pengelolaan sampah dan lain-lain.

Untuk mewujudkan smart green campus diharapkan peran dari semua civitas academica UIN Walisongo, mulai dari mahasiswa yang sadar apa arti dari green campuhingga penerapannya dalam kehidupan di kampus itu sendiri hingga peran dosen yang tidak henti-hentinya untuk menyosialisasikan kepada seluruh mahasiswa untuk menerapkan semua program smart green campus dan memberikan contoh yang baik bagi mahasiswa.

Selain melaksanakan penanaman pohon, upaya yang dilakukan untuk menciptakan kampus yang smart adalah dengan pemamanfaatan air Ac sebagai media untuk menanam tanaman hidroponik sederhana. Gedung Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang memiliki beberapa ruang kelas dengan total 4 lantai yang digunakan dalam kegiatan belajar selama proses selama kegiatan kuliah sedang berlangsung. 

Banyaknya ruangan-ruangan tersebut juga di tunjang dengan  fasilitas yang memadai untuk mendukung keberlangsungan kegiatan belajar dalam kelas, salah satu fasilitas tersebut adalah dilengkapinya Ac pada masing masing ruang kelas di gesung FST tersebut. 

Penggunaan Ac dengan jumlah banyak akan menghasilkan air Ac yang di teteskan ke tanah melewati saluran air. Penggunaan air Ac untuk media hidroponik sederhana bertujuan sebagai salah satu kegiatan dalam rangka mewujudkan smart green campus di UIN Walisongo Semarang.

Air Ac sebagai media tanam hidroponik sederhana dapat mendukung kesuburan tanaman karena air Ac tidak mengandung klorin atau zat tambahan lainnya yang dapat merusak kesuburan tanaman. Penggunaan air limbah ini sebagai media hidroponik sederhana dapat mendukung terwujudnya progam smart green campus di UIN Walisongo Semarang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline