Lihat ke Halaman Asli

Jamin Pelayanan Unggul! KKN UNDIP Dampingi Kecakapan Pegawai Pustu Beji

Diperbarui: 5 Agustus 2023   10:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemasangan Kotak Penilaian Kepuasan Pelayanan Publik (Dok. Pribadi)

Wonogiri (30/07/2023) - Di tengah semaraknya perkembangan pelayanan sektor publik bagi masyarakat, Puskesmas Pembantu (Pustu) Beji di Kabupaten Wonogiri menunjukkan langkah inovatif dibantu oleh mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro melalui penyelenggaraan program "Pendampingan Kecakapan Pelayanan Sektor Publik bagi Pegawai Pustu Beji." Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi para pegawai Pustu Beji dalam melayani masyarakat secara lebih efektif dan efisien.

Dalam upaya memberikan layanan kesehatan yang berkualitas, mahasiswa KKN menyadari pentingnya peningkatan kecakapan pegawai Pustu Beji. Hal tersebut didasari oleh misi Kabupaten Wonogiri Tahun 2021-2026 yang menekankan percepatan reformasi birokrasi khususnya penyelenggaraan pelayanan publik yang semakin baik, serta hasil dari observasi mahasiswa KKN di Pustu Beji yang menunjukkan minimnya layanan informasi maupun media partisipasi masyarakat dalam memberikan penilaian pelayanan publik. 

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Kamis, 27 Juli 2023 pukul 10.00 WIB dan bertempat di Pustu Beji. Dihadiri oleh pegawai Pustu Beji, kegiatan diawali dengan pemberian materi tentang standar pelayanan publik dan urgensi penilaian kepuasan masyarakat. Kemudian dilanjutkan dengan sharing session tentang keluhan penyelenggaraan pelayanan publik oleh pegawai Pustu, serta diakhiri dengan penyerahan media informasi berupa leaflet, poster, dan kotak penilaian kepuasan pelayanan publik.

Tidak berhenti disitu, mahasiswa KKN juga berencana monitoring evaluasi dengan melibatkan diri pada penyelenggaraan pelayanan di Pustu Beji pada minggu berikutnya. Hasil dari kegiatan pendampingan kecakapan pelayanan sektor publik bagi pegawai Pustu Beji oleh KKN ini dinilai sangat positif. Para pegawai Pustu Beji menunjukkan peningkatan dalam keterampilan pelayanan publik, khususnya pemahaman maupun praktik partisipasi publik dalam penilaian kepuasan pelayanan. 

Melalui kegiatan ini pula menegaskan pentingnya kolaborasi antara perguruan tinggi dan sektor publik dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik untuk kesejahteraan bersama. Dengan demikian, Pustu Beji terus bergerak maju menuju pelayanan publik yang unggul dan berorientasi pada kepuasan masyarakat.

Penulis: Alfina Oktaviani, FISIP/ Ilmu Pemerintahan, KKN TIM II Universitas Diponegoro Tahun 2022/2023

DPL: (1) Farid Agushybana, S.KM., DEA., Ph.D.; (2) Yuli Prasetyo Adhi, S.H., M.Kn.; (3) Dr. Eng. Samuel, S.T., M.T.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline