Lihat ke Halaman Asli

Dorong Kemudahan Informasi bagi Masyarakat, Mahasiswa KKN UNDIP Lakukan Pendampingan Media KIE

Diperbarui: 5 Agustus 2023   10:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penjelasan Substansi Media KIE tentang Standar Pelayanan Publik Kepada Pegawai Kelurahan Beji (Dok. Pribadi)

Wonogiri (30/07/2023) - Di tengah pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, mahasiswa KKN Reguler TIM II Universitas Diponegoro menginisiasi program inovatif yang bertujuan untuk meningkatkan akses dan pemahaman masyarakat terhadap informasi dan edukasi pelayanan publik, khususnya yang disediakan oleh Kelurahan Beji. Bertajuk "Pendampingan Kelengkapan Media Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) di Kelurahan Beji," kegiatan dilaksanakan pada Senin, 24 Juli 2023 yang lalu, pukul 10.00 WIB dan bertempat di Kantor Kelurahan Beji, Kecamatan Nguntoronadi. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh pegawai Kelurahan Beji yakni lima orang, termasuk Lurah dan Sekretaris.

Program ini lahir sebagai respons atas permasalahan dalam penyebaran informasi edukasi yang berkaitan dengan pelayanan publik di tengah masyarakat Kelurahan Beji. Seiring dengan kemajuan teknologi dan popularitas internet, informasi edukasi lebih sering diakses melalui platform digital. Namun, ternyata masih ada sebagian masyarakat yang kesulitan untuk mengakses media informasi tersebut, sehingga hanya mengandalkan media informasi cetak daripada digital. Beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah tingkat literasi yang rendah, akses terbatas pada perangkat teknologi, dan terbatasnya ketersediaan sinyal internet di wilayah tertentu.

Melihat kondisi tersebut, KKN Tim II Universitas Diponegoro mengambil inisiatif untuk memberdayakan pegawai Kelurahan Beji melalui pendampingan sarana informasi edukasi yang lengkap dan mudah diakses bagi seluruh lapisan masyarakat. Dalam hal ini, program pendampingan kelengkapan media Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) dianggap sebagai solusi yang tepat. Tujuan dari program tersebut meliputi, (1) meningkatkan akses informasi dan edukasi pelayanan publik bagi masyarakat; (2) meminimalisir kesenjangan informasi antara masyarakat yang memiliki akses digital dan tidak; serta (3) memberikan informasi yang relevan dan berkualitas di bidang pemerintahan. Kegiatan pendampingan berlangsung dengan antusias dan menghasilkan beberapa media informasi seperti poster, susunan kelembagaan kelurahan, dan prasarana kelengkapan kantor lainnya.

Masyarakat sebagai pengguna pelayanan publik dan pengakses informasi menyambut positif kegiatan tersebut. Hal serupa juga dilontarkan oleh Lurah Beji, Bapak Narso. Di akhir kegiatan pendampingan, beliau menyampaikan rasa terima kasihnya, "Saya sebagai Lurah merasa terbantu dan berterima kasih kepada Mbak/ Mas KKN. Karena pasca renovasi belum sempat ada pembuatan media-media di kantor, berkat adanya KKN UNDIP ini kantor kelurahan bisa lebih informatif kepada masyarakat." Selaras dengan tanggapan baik tersebut, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro berharap kegiatan tersebut dapat membawa kebermanfaatan yang berkelanjutan bagi masyarakat maupun pegawai Kelurahan Beji, baik saat KKN berlangsung maupun ketika usai.

Foto Bersama Pegawai Kelurahan Beji Pasca Pelaksanaan Kegiatan (Dok. Pribadi)

Penulis: Alfina Oktaviani, FISIP/ Ilmu Pemerintahan, KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2022/2023

DPL: (1) Farid Agushybana, S.KM., DEA., Ph.D.; (2) Yuli Prasetyo Adhi, S.H., M.Kn.; (3) Dr. Eng. Samuel, S.T., M.T.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline