Lihat ke Halaman Asli

Alfin Najid

Mahasiswa UIN SMH Banten

Strategi Pengembangan Manajemen Sumber Daya Insani

Diperbarui: 10 Juni 2022   20:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Assalamualaikum wr.wb.

Tulisan ini di buat untuk memenuhi salah satu tugas UTS mata kuliah MANAJEMEN SUMBER DAYA INSANI dengan dosen pengampu Bapak Dr. Syaeful Bahri, S.Ag., M.M. Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. *Selamat membaca dan semoga bermanfaat*

Sebelum nya kita perlu ketahui dulu apa itu pengembangan.Pengembangan adalah suatu usaha untuk meningkatkan kemampuan teknis,teoritis,konseptual serta moral karyawan sesuai dengan kebutuhan pekerjaan/jabatan melalui pendidikan dan latihan.Adapun pengertian pengembangan sumber daya manusia adalah sebuah rangkaian aktivitas perusahaan yang dilakukan dalam waktu tertentu dan di rancang untuk melahirkan perubahan sikap karyawan -Leonard Nadler (1984) -.

Dalam manajemen strategi MSDI (manajemen sumber daya insani) manajemen strategi SDM menjadi bagian penting dari perencanaan strategis perusahaan karena mencakup upaya perusahaan untuk mempertahankan daya saing dengan memperthatikan ancaman dan melakukan analisis kelemahan dan kekuatan serta peluang dan ancaman yang di hadapi perusahaan.

Jadi memang seluruh aspek di dalamnya harus di perhatikan baik dari segi hubungan antar karyawan,kompensasi,pelatihan dan pengembangan,manajemen pengetahuan dan lain sebagainya guna dapat mencapai tujuan perusahaan atau organisasi.

Adapun strategi pengembangan sumber daya manusia yang di lakukan oleh nabi MUHAMMAD SAW.Adalah :

1.Merencanakan dan menarik sumber daya insani yang berkualitas

2.Mengembangkan sumber daya insani agar berkualitas

3.Menilai kinerja sumber daya insani

4.Memberikan motivasi

5.Memelihara sumber daya yang berkualitas.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline