Lihat ke Halaman Asli

Alfi Mifta

Mahasiswa

Sistem Informasi Manajemen Aplikasi Viu

Diperbarui: 26 Januari 2022   15:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Aplikasi Viu

Aplikasi Viu adalah aplikasi nonton drama korea sub indo, film, kshow terbaru sub indo, drama dan acara TV Asia terbaru dan terlengkap. Aplikasi viu adalah layanan video over the top OTT yang dioperasikan oleh PCCW Media, anak perusahaan PCCW. Debutnya di Hongkong, Viu menyediakan drama asia, program variasi, anime, dan berita hiburan. Pada bulan Desember 2018 viu memiliki 30 juta pengguna aktif bulanan. Dan pada saat ini pengguna aplikasi Viu mencapai 100 juta. Viu menyuguhkan drakor terbaru dan trelnegkap dengan subtitle Indonesia, secara simulcast atau hanya berbeda 8-24 jam dari TV Korea seperti TVN, KBS, SBS, dll.

Ada beberapa Indikator system informasi manajemen yang harus dimiliki oleh aplikasi viu :

  • Sistem Informasi dan Strategi: Kekuatan Kompetitif Porter
  1. Kemudahan new entrants (pesaing baru masuk ke pasar), dibutuhkan berbagai macam Korean drama Sub Indo untuk menyaingi aplikasi Viu, sedangkan aplikais Viu adalah aplikasi terpopuler nomor 2 di hiburan
  2. Jumlah Pemasok, jumlah pemasok pada aplikasi Viu tergolong banyak, karena aplikasi Viu merupakan aplikasi terpopuler nomor 2 di bidang hiburan.
  3. Kekuatan Konsumen, jumlah pengunduh aplikasi viu mencapai 100 juta di playstore. Merupakan aplikasi terpopuler nomor 2 di bidang hiburan.
  4. Keberadaan produk substitusi / produk pengganti, banyaknya pesaing untuk aplikasi Korean drama sub Indo dan memiliki fungsi yang hampir sama dengan aplikasi viu.
  • Sistem Informasi dan Strategi: Strategi Kompetitif
  1. Menggunakan strategi kompetetif, menyediakan berbagai macam drama korea Sub Indo, film, kshow sub Indo, drama dan acara TV asia terbaru dan terlengkap. Viu menyuguhkan drakor terbaru lengkap dengan subtitle Indonesia, secara simulcast atau hanya berbeda 8-24 jam dari TV Korea, seperti drama tvN, KBS, SBS, dll.
  2. Menggunakan strategi low cost, pada aplikasi Viu ada beberapa paket langganan mulai dari 15.000 per bulan.
  3. Menggunakan strategi niche market, kualitas video yang disajikan oleh aplikasi Viu ini merupakan kualitas HD dengan Sub Indo atau dubbing Indonesia. Tersedia juga pilihan nonton drama korea Sub Indo untuk nonton video secara offline agar lebih hemat data.
  4. Menggunakan strategi memperkuat hubungan dengan konsumen dan supplier, aplikasi Viu menawarkan berbagai macam promosi langganan untuk memperkuat hubungan dengan konsumen. Memberikan 15 hari premium penggunaan secara Gratis agar konsumen tertarik dengan aplikasi Viu untuk melanjutkan ke paket berlangganan.
  • System informasi dan etika
  1. Komponene US Federal Trade Commission (FTC) Fair Information Practices (FIP) yang digunakan, Menggunakan konsep dasar analisis etika karena setiap pengguna berhak memilih haknya untuk menonton korean drama Sub Indo sesuai dengan keinginanya
  2. Mengamankan system informasi
  3. Manajemen identitas melalui autentikasi, login dan daftar selalu menggunakan email atau nomor handphone.
  4. Keberadaan kebijakan privasi, pengguna diwajibkan mengisi data pribadi
  5. Penggunaan Digital Certificate, sudah terverifikasi.
  • Cloud computing
  1. Platforam cloud computing yang digunakan berupa gdrive dan gmail
  • Dasar-dasar intelijen bisnis
  1. Penggunaan Data Mining, Text Mining, atau Web Mining, Web Mining karena menyimpan semua data secara implisit pada kumpulan data yang relatif besar pada layanan world wide web.
  • Sosial Media Information Systems
  1. Strategi media sosial yang digunakan, membagikan iklan berupa Korean drama yang terbaru dengan subtitle Indonesia atau dubbing Indonesia.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline