Lihat ke Halaman Asli

ALFIKA

UIN WALISONGO SEMARANG

Mahasiswa KKN Posko 100 Laksanakan Ziarah ke Makam Syeikh Maulana Al-Maghribi, Wonobodro, Batang

Diperbarui: 16 Juli 2024   11:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

tim KKN  melakukan foto bersama dengan warga desa kreyo yang mengikuti ziarah usai doa bersama di makam Syeikh Maulana Al-Maghribi (Dokpri)

## Tradisi Ziarah ke Makam Auliya: Mahasiswa KKN Posko 100 Laksanakan Ziarah ke Makam Syeikh Maulana Al-Maghribi, Wonobodro, Batang

*Batang, 16 Juli 2024* - Dalam rangka menumbuhkan rasa cinta dan penghormatan kepada para pendahulu, Mahasiswa KKN Posko 100 UIN Walisongo Semarang mengadakan kegiatan ziarah ke makam Syeikh Maulana Al-Maghribi di Desa Wonobodro, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang. Acara ziarah ini dilaksanakan pada malam hari tanggal 13 Juli 2024, diikuti oleh seluruh mahasiswa KKN Posko 100 dan masyarakat sekitar.

Ziarah ke makam Auliya merupakan tradisi yang telah lama dilakukan di Indonesia, khususnya di kalangan masyarakat muslim. Tradisi ini bertujuan untuk mendoakan para Auliya dan meneladani keteladanan mereka dalam menyebarkan agama Islam. Syeikh Maulana Al-Maghribi merupakan salah satu Auliya yang dihormati di Jawa Tengah. Beliau dikenal sebagai penyebar agama Islam di wilayah Batang dan sekitarnya.

Acara ziarah diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dan sholawat nabi. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan mahasiswa KKN dan tokoh masyarakat setempat. Setelah itu, para mahasiswa dan masyarakat berdoa bersama untuk mendoakan arwah Syeikh Maulana Al-Maghribi dan para Auliya lainnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan para mahasiswa KKN dan masyarakat sekitar, serta dapat mempererat tali silaturahmi antar warga.*Manfaat Ziarah ke Makam Auliya*

Ziarah ke makam Auliya memiliki banyak manfaat, antara lain:

* Meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.
* Meneladani keteladanan para Auliya dalam menyebarkan agama Islam.
* Mempererat tali silaturahmi antar warga.
* Mendapatkan ketenangan jiwa dan kedamaian hati.
* Mendoakan arwah para Auliya dan para leluhur.

*Pesan untuk Pembaca*

Tradisi ziarah ke makam Auliya merupakan tradisi yang baik untuk dilestarikan. Dengan berziarah, kita dapat mengenang jasa para Auliya dalam menyebarkan agama Islam dan meneladani keteladanan mereka. Selain itu, ziarah juga dapat menjadi sarana untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Bagi para pembaca yang ingin melaksanakan ziarah ke makam Auliya, disarankan untuk mengikuti adab dan tata cara yang berlaku.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline