Lihat ke Halaman Asli

Alfi Fachreza Mahendra

Penikmat kopi dan literasi.

5 Manfaat Olahraga Lari bagi Tubuh

Diperbarui: 14 April 2021   08:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Aktivitas lari atau jogging memiliki banyak manfaat untuk tubuh. | pexels

Siapa yang tak pernah berlari? Saya yakin setiap manusia pasti pernah berlari, berlari untuk berolahraga ataupun berlari untuk mengejar sesuatu atau dikejar sesuatu (dikejar mantan misalnya). Anak kecil yang baru bisa berjalan pun kalau sudah merasa bisa berlari, ia akan mencoba untuk berlari. 

Nah, kali ini saya akan mengulas manfaat berlari untuk olahraga. Olahraga berlari adalah olahraga yang simple, fleksibel dan sangat murah. Berlari bisa dilakukan di pagi hari, sore hari bahkan malam hari. Bahkan olahraga berlari saat ini, sudah menjadi gaya hidup. Maka dari itu, tak heran olahraga berlari sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian besar orang yang sadar akan gaya hidup sehat. Berikut manfaat berlari based on experience :

1. Meningkatkan kemampuan paru-paru dan menyehatkan jantung.

Olahraga lari dapat melatih kemampuan paru-paru dalam bernafas, sehingga bagi kita yang rutin olahraga berlari pasti dapat mengatur ritme pernafasan paru-paru ketika beraktivitas yang cukup berat sehingga tidak mudah sesak ketika bernafas. Jantung juga menjadi sehat, karena aliran darah menjadi lancar berkat asupan oksigen yang cukup banyak dan dengan berlari juga dapat menghancurkan lemak jahat yang ada di dalam pembuluh darah.

2. Meningkatkan daya tahan stamina tubuh.

Stamina tubuh sangat diandalkan bagi kita yang sering beraktivitas mulai dari yang ringan hingga yang berat, sehingga untuk meningkatkan stamina kita butuh berolahraga. Olahraga lari menjadi salah satu olahraga yang ideal untuk melatih stamina tubuh kita agar stamina tetap optimal yang membuat kita selalu siap menjalani segala aktivitas dan kesibukan.

3. Meningkatkan produktivitas.

Olahraga lari memiliki efek yang sangat baik bagi kehidupan kita yakni dapat meningkatkan produktivitas. Dengan berlari sebelum beraktivitas, seperti saat pagi hari, dapat memberikan efek mood yang sangat baik sehingga memberikan rasa semangat dan optimisme bagi kita untuk selalu produktif dalam menyelesaikan berbagai aktivitas yang sudah menanti.

4. Merangsang motivasi interaksi sosial.

Seiring perkembangan zaman yang sadar akan kesehatan, olahraga lari saat ini telah memberikan dampak bagi kehidupan sosial masyarakat. Bahkan fasilitas publik saat ini sudah banyak menyediakan arena jogging track sehingga fasilitas ini menjadi salah satu tempat interaksi sosial dan rekreasi sederhana yang sangat menarik bagi masyarakat. Selain itu, juga sudah banyak sekali berdiri komunitas-komunitas sosial yang berbasis olahraga lari yang mampu merangsang interaksi sosial dan kesolidan antar masyarakat.

Baca Juga"Mas, Saya Sudah 60 Tahun tapi Masih Kuat Lari 11K!"

5. Menyegarkan emosi dan fisik

Berlari dapat menyegarkan emosi dan fisik. Berlari tentunya berada di luar ruangan, yang dapat memberikan efek  refreshing secara emosi dan fisik kepada kita untuk melihat keadaan diluar setelah kita sibuk dalam waktu yang lama berada didalam kantor atau sekolah dan di jalanan yang penuh sesak dengan kemacetan.

Belum lagi tingginya egoisme antar pengemudi yang membuat keadaan semakin membuat emosi tidak stabil alias badmood. Maka dari itu, dengan berlari kita dapat merelaksasi pikiran dan otot yang tegang akibat dampak aktivitas-aktivitas monoton yang menguras emosi dan fisik yang kita jalani sehari-sehari.

Demikian manfaat berlari based on experience. Semoga artikel yang saya sajikan bermanfaat bagi kita semua dan mampu memberikan motivasi bagi kita semua untuk terus menjaga perilaku hidup sehat. KEEP RUN !




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline