Lihat ke Halaman Asli

Ajari kreativitas

Diperbarui: 24 Juni 2015   03:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Salam sejahtera bagi kita semua, semoga mendapatkan hidayah Allah SWT, ketemu lagi bersama saya, disini saya akan mengulas sedikit tentang mengajarkan kreativitas. Apa sih yang dimaksud kreativitas ?

Sejauh ini kreativitas merupakan fungsi dari kebudayaan dan pendidikan kita. Apakah kita bisa mengajarkan kreativitas ? Jawabnya adalah bagaimana kreativitas itu didefinisikan. Hayes (1978) mengatakan bahwa kreativitas dapat ditingkatkan dengan beberapa cara. Diantaranya adalah...

a.Mengembangkan pengetahuan dasar, semakin kaya latar belakang dalam bidang ilmu pengetahuan, literatur, seni dan matematika dapat memberikan informasi yang lebih banyak bagi orang kreatif untuk memunculkan bakat-bakat kreatifnya. Orang kreatif akan selalu mengumpulkan informasi dan menyempurnakan kemampuan dasar mereka. Hasil penelitian tentang kreativitas pada seniman dan ilmuwan yang dilakukan oleh Anna Roe (1946, 1953) menunjukkan bahwa sifat utama dari kedua kelompok subjek tersebut adalah ‘bekerja keras’. Seperti apel yang jatuh dari pohon dan mengenai kepala Newton, menjadikan inspirasi bagi Newton untuk mengembangkan teori gravitasi. Dalam mengembangkan teorinya, Newton telah mengumpulkan banyak informasi yang dapat digunakan sebagai pendukung teorinya.

b.Menciptakan atmosfer yang tepat untuk kreativitas. Beberapa tahun lalu, teknik “brainstorming” adalah sekelompok orang dalam suatu kelompok membuat ide sebanyak mungkin tanpa memberikan kritik pada anggota kelompok yang lainnya. Cara ini dapat memunculkan banyak ide atau solusi, serta dapat digunakan untuk memfasilitasi peningkatan kreativitas ide individu. Karena seringkali kita terhambat oleh orang lain atau oleh ketidakleluasaan kita dalam memunculkan solusi yang tidak biasa.

c.Mencari analogi, beberapa studi menunjukkan bahwa orang sering tidak mengenali suatu permasalahan baru yang sebenarnya hampir sama dengan permasalahan yang sudah pernah mereka ketahui bagaimana cara menyelesaikannya. Dalam memformulasikan suatu solusi yang kreatif dalam suatu permasalahan, sangat penting untuk mengingat dan meninjau kembali masalah yang hampir sama yang mungkin pernah ditemui. Nah itu seedikit ulasaln tentang mengajarokan kreativitas.

mungkin cukup sekian semoaga bermanfaat bagi kita semua. Amin




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline