Lihat ke Halaman Asli

Alfian Syaifudin Fadli

Desainer, Mahasiswa

Jembatan Gantung Girpasang, Spot Wisata Baru yang Harus Dikunjungi Saat di Klaten

Diperbarui: 8 April 2022   14:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri/Jembatan Gantung Girpasang

Klaten ternyata memiliki pesona yang sangat indah loh sahabat kompasianer. Banyak tempat yang bagus dan tentunya keren untuk dijadikan tempat wisata, baik hanya untuk bersantai, berswa foto maupun bermain. Terus, tempat mana sih yang harus dikunjungi saat berada di Klaten. Saat ini ternyata klaten memiliki objek wisata baru loh.  Mau tau? Yupps, salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini memiliki objek wisata baru yang sangat keren, yaitu Jembatan Gantung Girpasang.


Klaten adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah. Wilayahnya terletak antara Yogyakarta dan Surakarta membuat daerah ini menjadi cukup strategis sehingga banyak pendatang dari luar wilayah, baik dari dalam provinsi maupun luar provinsi, baik untuk urusan bisnis, dinas, maupun untuk berpariwisata.


Pesona Jembatan Gantung Girpasang
Belum lama ini Klaten membuka spot wisata baru, tentunya yaitu Jembatan Gantung Girpasang. Jembatan ini secara resmi dibuka pada tanggal 21 Januari 2022 oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani. Yang berlokasi di Dukuh Gripasang, Desa Tegal Mulyo, Kemalang, Klaten, Jawa tengah.


Jembatan yang sekaligus turut mengangkat nama Gunung Merapi ini, membentang di atas jurang antara Dusun Ngringin atau Beringin dan Dusun Girpasang  sepanjang 120 meter. Jembatan ini memiliki lebar 1,8 meter dengan bahan konstruksinya baja.

Yups, panjang kan, apalagi letaknya tepat di atas jurang yang cukup memacu adrenalin para wisatawan. Belum lagi jembatan membentang dengan pesona keindahan Gunung Merapi yang semakin membuat mata para pengunjungnya terpesona.


Pembangunan Jembatan Girpasang dimulai pada Bulan Juli 2021 hingga Desember 2021 oleh Kementrian PUPR. Tujuan utama pembangunan jembatan ini yaitu untuk mempermudah akses warga antara Dusun Ngringin dan Dusun Girpasang. Karena sebelum ada jembatan ini, warga harus melewati jurang sedalam 150 m dengan jalan setapak dan  1001 anak tangga.


Pembangunan Jembatan Girpasang dikerjakan oleh PT Astadipati Duta Harindo dan Hantarmasa – Global KSO dengan nilai kontrak yang cukup fantastis yaitu Rp3,2 miliar.


Namun karena pesonanya yang sangat indah, banyak pengunjung dari luar daerah yang penasaran dan akhirnya datang untuk berkunjung ke jembatan ini. Selain mempermudah akses warga, dengan banyaknya wisatawan yang datang ini membuat perekonomian daerah Girpasang ikut terangkat.


Pasti penasaran bukan, berapa tiket masuknya? Sahabat kompasianer jangan risau, karena harga tiket masuk kawasan wisata jembatan sangat murah meriah, yaitu hanya Rp2000 per orang. Dan apabila ingin menyeberangi jembatan, wisatawan tidak dipungut biaya sama sekali. Hmmm murah bukan?


“Senang sekali bisa berkunjung kesini, tapi sayangnya cuacanya sedang hujan jadi tidak bisa menyeberangi jembatannya, dan kalau hujan gini banyak petirnya” ucap Faza salah satu wisatawan di Jembatan Girpasang.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline