REVIEW MATERI MANAJEMEN PEMASARAN SYARIAH-DEFINISI PEMASARAN DAN APA SAJA YANG DIPASARKAN?
Asosiasi Pemasaran Amerika memberikan definisi formal yaitu " pemasaran adalah suatu fungsi organisasi dan seperangkat proses untuk menciptakan, mengkomunikasikan dan nilai kepada pelanggan dan pengelola.
KOTLER memberikan definisi bahwa "manajemen pemasaran sebagai suatu seni dan ilmu memilih pasar sasaran dan mendapatkan , menjaga dan menumbuhkan pelanggan dengan menciptakan, menyerahkan dan mengkomunikasikan nilai pelanggan yang unggul".
Pemasaran Secara Umum dapat diartikan sebagai proses sosial yang merancang dan menawarkan sesuatu yang menjadi kebutuhan dan keinginan dari pelanggan dalam rangka memberikan kepuasan yang optimalkepada pelanggan.
Apa Saja Yang Di Pasarkan?
Terdapat 10 point penting yang berhubungan dengan apa saja yang dapat di pasarkan. Berikut ulasannya:
- Barang, adalah benda apa saja yang dapat di jual atau dipasarkan seperti "sepatu, baju, buldoser,kacamata pake remot, barang elektronik(hp,tv,kulkasdll),kosmetik dll.
- Jasa, adalah penawaran suatu tenaga, keahlian dan angkutan .seperti" jasa pengiriman barang, jasa servis ac atau barang electronic lainnya dan lain sebagainya'
- Acara khusus, adalah acara-acara khusus yang dapat di pasarkan seperi seminar, konser dll.
- Pengalaman, biasanya mengacu kepada kesan seorang yang di dapatkan dari pengalaman setelah mengunjungi tempat, baik tempat rekreasi, ancol, kebun binatang ragunan dll.
- Orang, adalah menjual informasi tentang apa yang di miliki oleh seseorang tersebut, yang tergolong melebihkan. seperti keahlian dan kelebihan lainya untuk kepentingan orang tertentu contoh pemilu ,
- Tempat, yaitu tempat yang dapat di jadikan objek wisata
- Property, adalah pemindahan hak kepemilikan yang bermula dari proses pembelian benda tertentu. Contoh, penjualan tanah maka surat tanah tersebut akan di alihkan nama pemiliknya setelah di beli.
- Organisasi, adalah suatu barang yang di perjualkan untuk mengangkat kepopularitasan suatu organisasi atau kebanggaan organisasi padasaat dipakai. seperti : jersey Real Madrid , Barcelona dan organisasi.
- Informasi, adalah informasi yang biasanya kerap di pasarkan melalui media, baik media cetak, media sosial dan lain sebagainya.
- Gagasan, adalah ide-ide yang bersifat membangun dan mengingatkan dan di tulis dan di pasang di tempat umum, rekreasi dll.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H