Lihat ke Halaman Asli

Tingkatkan Pertanian Modern: Mahasiswa KKN Undip Kenalkan Hidroponik Sistem Tower

Diperbarui: 16 Agustus 2023   00:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dokumen pribadi KKN Tim II UNDIP Desa Banaran 

Benaran, Wonogiri (5/8/2023) mahasiswa KKN Universitas Diponegoro menyelenggarakan kegiatan penyuluhan pertanian masa kini dengan memperkenalkan budidaya hidroponik sistem tower kepada kelompok tani Dusun Banaran. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program kerja KKN Tim II Universitas Diponegoro 2022/2023. Tujuan dari program ini adalah memperkenalkan pertanian hidroponik sistem tower yang inovatif kepada para petani. Pengenalan ini menjadi upaya untuk memajukan para petani menuju kearah pertanian modern.

Hidroponik sistem tower adalah salah satu sistem hidroponik di mana penanaman dilakukan secara vertikal seperti menara. Sistem ini tidak menggunakan media tanah, melainkan menggunakan air yang telah diberi nutrisi. Air akan disirkulasikan dari bawah menuju atas dengan menggunakan pompa air. Hidroponik sistem tower sangat efisien dalam penggunaan ruang, memungkinkan petani memanfaatkan lahan yang ada dengan lebih efisien.

Sumber: Dokumen pribadi KKN Tim II UNDIP Desa Banaran (Hidroponik Sistem Tower)

Kegiatan penyuluhan mengenai hidroponik sistem tower ini dilaksanakan pada hari Sabtu pukul 19.30 WIB di rumah salah satu warga Dusun Banaran. Kegiatan ini mencakup pengenalan dan pembelajaran pembuatan pot hidroponik sistem tower serta cara merawatnya. Kelompok tani Dusun Banaran terlihat sangat antusias mengikuti acara ini. Selain pemaparan materi, juga diadakan sesi penyerahan pot hidroponik sistem tower kepada perwakilan kelompok tani Dusun Banaran. Harapannya, kegiatan ini dapat mendorong para petani Banaran untuk beralih menuju pertanian modern.

Oleh : Alfian Bahrul Amiq

S1 – Teknologi Pangan

Fakultas Peternakan dan Pertanian

Universitas Diponegoro

DPL : Muhammad Subhan, S.IP, M.InternatRe




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline