Lihat ke Halaman Asli

Meirri Alfianto

TERVERIFIKASI

Seorang Ayah yang memaknai hidup adalah kesempatan untuk berbagi

Siapa Mau Pinjaman Tanpa Bunga?

Diperbarui: 8 Agustus 2020   05:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani.Sumber gambar: cnbcindonesia.com 

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan, hari ini mengumumkan stimulus ekonomi baru. Setelah kemarin mengumumkan adanya pemberian insentif berupa gaji sebesar 600 ribu per bulan bagi para pegawai swasta yang memiliki pendapatan kurang dari 5 juta rupiah oleh gugus tugas covid-19.

Hari ini giliran kementerian keuangan yang mengumumkan pemberian stimulus untuk meringankan beban rakyat dengan meluncurkan program Pinjaman Tanpa Bunga.

Program ini disampaikan oleh Kementerian Keuangan melalui staf khusus Menteri keuangan bidang komunikasi strategis, Yustinus Prastowo. Tujuan dari diadakannya program ini adalah untuk mendongkrak sektor konsumsi rumah tangga yang selama ini telah menjadi penyumbang signifikan bagi Produk Domestik Bruto (PDB). 

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa pertunjukan ekonomi pada kuartal dua 2020 telah tumbuh negatif sebesar 5,32 persen. 

Apabila pada kuartal ketiga nanti pertumbuhan kembali negatif, maka Indonesia dipastikan jatuh dalam jurang resesi. Maka ini adalah usaha nyata pemerintah untuk menyelamatkan perekonomian negara agar tidak semakin ambruk.

Apa saja Syaratnya?

Sebenarnya memang aturan bakunya belum selesai disusun. Namun berdasarkan kutipan berita dari CNBC Indonesia, dapat diambil kesimpulan awal, kriterianya sebagai berikut:

1. Penerimanya adalah rumah tangga.

Mengingat targetnya adalah menggerakkan sektor konsumsi rumah tangga.

2. Besaran pinjaman 2 juta rupiah.

Ini mungkin masih kisaran. Bisa jadi lebih dari itu tergantung kemampuan setiap rumah tangga untuk mengembalikan pinjamannya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline