Lihat ke Halaman Asli

Alfi aminatul musyarofah

Mahasiswi UIN KHAS Jember

Hadis tentang Kajian Gender

Diperbarui: 7 Juni 2023   20:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Istilah gender dalam masyarakat secara umum selalu dikaitkan dengan perempuan. Seakan-akan gender hanya menyangkut perempuan saja. Pandangan masyarakat tentang hal seperti itu adalah keliru (memahami istilah tentang gender). Isu tentang gender yang selalu diperbincangkan biasanya tentang status, peranan, dan kesetaraan laki-laki dan perempuan. 

Perempuan sebagai mitra sejajar dengan laki-laki harus berperan dalam pembangunan dan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan ikut melestarikan nilai-nilai agama dan pancasila. Untuk itu, peranan perempuan sebagai sumber daya pembangunan harus terus ditingkatkan kualitasnya. Demikian halnya dengan kaum laki-laki hendaknya lebih memacu diri jangan sampai ia tertinggal oleh kaum perempuan.

Hadis tentang gender

: : : : : " : "

Faedah faedah tentang hadis

1.hadis ini menunjukkan kepada kita tentang besarnya keutamaan akhlak yang baik. Hubungan akhlak yang baik dengan kesempurnaan iman, hal itu berarti bahwa akhlak yang baik itu merupakan konsekuensi iman yang benar

2. hadis ini menunjukkan bahwa akhlak yang baik itu lebih utama untuk ditujukan kepada keluarga kita atau orang-orang terdekat.

3. hadis ini berisi anjuran tentang berakhlak baik kepada istri dalam hal seperti menampakkan wajah berseri-seri, tidak menyakiti, berbuat baik dan sabar dalam menghadapinya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline