Lihat ke Halaman Asli

Alfi Sahrina

Pecinta alam, pecandu senja, penikmat fajar

Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru MGMP Geografi Kabupaten Kediri

Diperbarui: 23 November 2021   10:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penyampaian Materi Magagement Reference oleh Editor Jurnal Pendidikan Geografi/dokpri

Guru pada abad 21 memerlukan kemampuan lebih tidak hanya mendidik siswa. Kemampuan yang hendaknya dimiliki oleh guru adalah penulisan karya ilmiah. Hal ini sejalan dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen yang mengamanahkan guru untuk melakukan pengembangan diri secara terus-menerus (continuous improvement).

Penulisan karya ilmiah merupakan kegiatan yang sangat penting bagi seorang guru yang professional serta kompeten pada bidangnya. Kegiatan ini tidak saja perlu dilakukan dalam rangka memperolah angka kredit untuk kenaikan jabatan atau untuk keperluan akreditasi tetapi yang lebih besar adalah untuk peningkatan profesionalisme guru. Tulisan ilmiah yang berisi hasil penelitian, pengkajian, pemikiran, dan karya guru lainnya, sangat potensial sebagai wahana komunikasi dan diseminasi karya kepada guru atau pihak-pihak yang terkait dengan dunia pendidikan.

Sebagian besar kegiatan guru di sekolah lebih berorientasi pada pendidikan dan pengajaran di kelas sedangkan kegiatan ilmiah dalam bentuk penelitian, penulisan dan publikasi ilmiah sering terabaikan Hal tersebut berdampak pada rendahnya produktivitas guru dalam menulis karya ilmiah. Guru yang menulis dan mempublikasikan karya ilmiah hanya sebesar 1%.

Tim pengabdian geografi melakukan pendampingan kegiatan untuk meningkatkan antusisme guru dalam menulis karya ilmiah dan publikasi ilmiah. Kegiatan dilakukan secara online karena adanya pandemic Covid-19. Kegiatan ini merupakan kolaborasi tim pengabdian dengan MGMP Geografi Kabupaten Kediri.

Kegiatan ini memberikan fokus kajian terkait 1) Pengertian dan karakteristik Karya Tulis Ilmiah berbasis penelitian 2) Bentuk dan tujuan penulisan karya tulis ilmiah 3) Sistematika penulisan Karya Tulis Ilmiah 4) Tips dan trik membuat Karya Tulis Ilmiah 5) Penyusunan dan penilaian Karya Tulis Ilmiah 6) Pengenalan jurnal terindeks, dan 7) Cara publikasi karya tulis ilmiah pada jurnal terindeks. Narasumber dalam kegiatan ini adalah Dr. Purwanto, M.Si dosen Jurusan Geografi FIS UM, Dedi Sasmito, M.Pd., Ketua MGMP Geografi Kediri Kabupaten Kediri dan Dicky Arinta, S.Pd., M.Pd. editor Jurnal Pendidikan Geografi. Kegiatan ini dibuka oleh Dekan FIS Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd. dan pemberian arahan oleh Bapak Nanang perwakilan dari Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri.

Penyampaian materi oleh Dr. Purwanto, M.Si tentang penulisan artikel ilmiah/dokpri

Kegiatan ini diikuti oleh 90 guru geografi yang tidak hanya berasal dari guru-guru yang tergabung dalam MGMP Geografi Kabupaten Kediri tetapi juga guru geografi di Jawa Timur dan beberapa dari luar Jawa Timur. Antusiasme dari guru untuk menulis menghasilkan sebuah artikel ilmiah yang akan diterbitkan pada jurnal ilmiah maupun bookchapter. "Menulis itu mudah, yang sulit adalah memulainya. Permasalahan yang terjadi adalah beberapa guru hanya pandai menyimpan ide, namun tak mampu menuangkannya", ungkap Dedi Sasmito Utomo, M.Pd salah satu narasumber pada Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah.

Penyampaian materi oleh Dedi Sasmito Utomo, M.Pd tentang kiat-kiat menulis artikel ilmiah dan bagaimana seorang guru memulai untuk menulis/dokpri

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline